Anggraeni Mahdatika, S.Pd.I

Mengenal Bangun Datar dengan Tutup Botol Pintar

Oleh : Anggraeni Mahdatika, S.Pd.I*)

mediajateng.net – Matematika termasuk dalam satu di antara ilmu yang paling utama karena apa pun ilmunya, pasti masih ada kaitannya dengan matematika.

Dalam dunia pendidikan tidak terlepas dari muatan pelajaran matematika. Dimana, guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan.

Guru memiliki tugas untuk mengajarkan matematika sedari dini dengan memberikan bimbingan, memotivasi peserta didik dan memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi, sebab jika peserta didik tidak memahami konsep dasar matematika mereka akan keliru untuk menguasai teori matematika pada jenjang yang lebih tinggi.

Pelajaran Matematika termasuk salah satu pelajaran yang menakutkan oleh sebagian peserta didik. Apalagi untuk peserta didik kelas satu. Pemahaman mereka sering tertukar pada saat guru menerangkan materi matematika salah satunya pada pembelajaran bangun datar.

Menurut Agus N. Cahyo (2013) pembelajaran mengandung arti setiap kegiatan yang dirancang untuk membantu seseorang mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru.

Oleh karena itu, guru dituntut supaya peserta didik dapat memahami materi matematika dengan baik. Namun, sering kali peserta didik memiliki minat belajar yang rendah pada pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena mereka kesulitan untuk membedakan macam-macam bangun datar.

Untuk memberikan layanan pendidikan terbaik kepada peserta didik, guru harus kreatif dan berinovasi supaya materi pelajaran yang disampaikan mudah ditangkap oleh peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan alat peraga.

Menurut Faizal (2010) Alat Peraga Pendidikan sebagai instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik & membangkitkan minat siswa dalam mendalami suatu materi.

Pengalaman menggunakan alat dan bahan merupakan pengalaman konkret yang dibutuhkan siswa untuk menerima gagasan-gagasan baru. Berhasilnya alat peraga kerap kali tergantung pada kemampuan memilih dan menggunakan alat yang tepat serta efektif.

Bermacam cara yang dapat dilakukan guru untuk melatih keaktifan siswa. Guru dapat membuat alat peraga tutup botol pintar untuk mengenalkan bangun datar pada peserta didik kelas 1. alat peraga ini dibuat dengan menggunakan benda-benda yang mudah di dapat, karena ada di sekitar kita.

Alat yang digunakan untuk membuat tutup botol pintar yaitu cutter, gunting, double tip dan lem kertas. Sedangkan bahan-bahannya terdiri dari kertas manila, kertas origami, gardus bekas, tutup botol, dan karet gelang.

Cara membuat tutup botol pintar ini yaitu mula-mula gardus bekas dipotong dengan menggunakan cutter berbentuk persegi, kemudian jiplaklah kertas manila sesuai dengan ukuran kardus dan dipotong dengan menggunkan gunting.

Tempelkan kertas manila tersebut dengan kardus. Selanjutnya ambillah kertas origami dengan warna yang berbeda, kemudian tempelkan pada kertas manila. Langkah terakhir yaitu tempelkan Sembilan tutup botol pada kertas manila dengan menggunakan double tip.

Penggunaan tutup botol pintar ini sangat mudah, sehingga peserta didik secara tidak sadar dapat mempelajari materi mengenal bangun datar. Ajaklah peserta didik untuk melempar dadu yang berisikan bilangan satu sampai 6.

Misalnya angka yang keluar adalah empat, kemudian peserta didik mengambil satu gelang karet dan memasangkannya kepada empat tutup botol. Sehingga terbentuklah satu bangun datar dari karet gelang tersebut.

Guru dapat menanyakan kepada peserta didik bangun datar apa yang terbentuk dari karet gelang tersebut. Kemudian peserta didik akan menjawab bangun datar persegi atau segiempat.

Guru dapat meminta peserta didik lain untuk bergantian mencoba mendemontrasikan penggunaan alat peraga tutup botol pintar ini. Kegiatan pembelajaran ini dapat dilakukan di rumah masing-masing peserta didik.

Guru terlebih dahulu mengajarkan dan menjelaskan materi melalui video cara pembuatan tutup botol pintar dan juga cara penggunaannya melalui gawai untuk selanjutnya disampaikan kepada orang tua peserta didik. Supaya peserta didik dapat mencoba dan lebih mendalami materi mengenal bangun datar baik di sekolah maupun di rumah.

Berdasarkan pengalaman pada pembelajaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik dibutuhkan media pembelajaran.

Media pembelajaran yang digunakan tidak harus mahal, tetapi memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita supaya tercipta suasana yang menyenangkan dan menarik sehingga kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan harapan dan lebih bermakna.

Kegiatan ini akan membekas di benak peserta didik karena telah memberikan pengalaman konkret yang berkesan kuat dan tahan lama dalam ingatan peserta didik.

Media yang digunakan menjadikan peserta didik mampu menangkap materi pembelajaran dengan maksimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

*)Anggraeni Mahdatika, S.Pd.I
Penulis adalah Guru kelas I SD Negeri 1 Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah