Pelaku UMKM Diajari Pelatihan Digital Marketing

Pelaku UMKM Diajari Digital Marketing

SEMARANG, mediajateng.net– Sebanyak 14 pelaku UMKM perwakilan kelurahan di Kecamatan Tembalang diajari promosi barang dagangan dengan konsep digital marketing. Acara ini digelar di laboratorium komputer Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi ( FTIK) Universitas Semarang (USM) baru-baru ini.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat bagi beberapa dosen di lingkungan FTIK USM antara lain Nurtriana Hidayati, M.Kom, Prind Triajeng Pungkasanti, M.Kom dan Nur Wakhidah, M. Cs.

Mengambil tema “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing UMKM Kecamatan Tembalang Kota Semarang”, kegiatan ini menghadirkan pakar digital marketing dari dosen Ilmu Komunikasi USM Edi Nurwahyu Julianto, M.I.Kom.

Para pemilik UMKM serius mendengarkan materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini. Foto : 50/mj)

Dalam paparannya, Edi memberikan arahan dan stategi pemasaran menggunakan media sosial yaitu Instagram melalui strategi konten dan tips trik penggunaan hastag yang baik.

Sementara, Nur Wakhidah menjelaskan tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengenalkan teknik pemasaran melalui strategi konten pada instagram.

“Dengan adanya pelatihan ini memudahkan para pemilik UMKM melakukan pemasaran secara digital, sehingga mampu meningkatkan target penjualan produk UMKM selama pandemi ini.”

“Kita ketahui bersama dampak dari pandemi covid-19 ini sangat luas, sehingga berdampak pada pelaku UMKM, sehingga harus kreatif dengan strategi digital marketing agar bisa tetap bertahan dan meningkatkan penjualan di masa pandemi” tambahnya.

Antusias

Salah satu pemilik UMKM Kopi Sadiroso, Anisah, mengaku sangat antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Pihaknya justru berharap adanya kegiatan seperti ini dilaksanakan rutin dan keberlanjutan.

“Kami pelaku UMKM juga berpandangan bahwa perlu strategi yang kreatif di zaman yang serba on line ini, sehingga perlu adanya suatu wadah inkubator bisnis untuk menjembatani dan memfasilitasi kegiatan tersebut,” ungkap Anisah. (50/mj)