Kodim 0716/Demak Sapu Pantai Istambul

DEMAK, Mediajateng.net — Kepedulian terhadap lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama.

Keindahan,kerapian dan kenyamanan tentunya menjadi idaman semua orang.

Namun saat ini, problem yang kita hadapi adalah persoalan sampah yang terus mengahantui dalam kehidupan kita.

Sampah selalu menimbulkan masalah rumit yang sulit untuk dipecahkan.

Perilaku membuang sampah sembarangan , terutama di sungai, sampah-sampah itu akan terbawa hingga ke pesisir pantai, hal ini tentunya dapat merusak lingkungan terutama ekosistem laut.

Sebagai bentuk kepedulian, Komando Distrik Militer (Kodim) 0716 Demak bersama instansi terkait dan komponen masyarakat di wilayah Demak berupaya mengurangi permasalahan sampah dengan melaksanakan pembersihan pesisir pantai dari sampah plastik sepanjang pantai Istambul (Istana Tambak Bulusan), Desa Tambak Bulusan Kecamatan Karang tengah, Demak, Jumat(11/05/2018).

“Sasaran kita membersihkan seluruh sampah, baik sampah organik maupun non organik terutama sampah plastik sepanjang pesisir pantai,” tutur Letkol Infantri Abi Kusnianto, Komandan Kodim 0716 Demak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai wujud peduli terhadap lingkungan yang bertujuan untuk menjaga dan memelihara lingkungan agar menjadi bersih dan nyaman sehingga bebas dari penyakit.

Aksi bersih sampah itu, sekaligus dalam rangka Demak meraih Adipura sebagai destinasi pariwisata Kabupaten Demak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Demak M.Natsir, Rudi Santosa, Kepala Dinas Pariwisata Demak, Anjar Gunadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak, Kapten Arm.Sukartiyo, Danramil 09/Karangtengah, Pasi Ops Dim 0716/Demak Kapten Infantri Juwedi, Pasi Pers Dim 0716/Demak , Lettu Infantri Tulodo, Bekti Utomo, Camat Karangtengah, Dinas Lingkungan Hidup, Anggota Kodum 0716/Demak, Polsek Karangtengah, Satpol PP Demak, BPBD Demak serta masyarakat Desa Tambak bulusan

Rudi Santoso, Kepala Dinas Pariwisata Demak mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir di pantai Istambul ini, yang telah bersama sama peduli terhadap lingkungan.

“Mari kita gelorakan kebersihan lingkungan. Bersihkan sekitar kita dari sampah, agar lingkungan menjadi asri untuk anak cucu kita nanti,” katanya.

“Kita harus menjaga dan memelihara lingkungan pantai, agar lingkungan di sepanjang Pantai menjadi bersih dan nyaman sehingga bebas dari sampah dan penyakit,” imbuhnya.