PMI Kecamatan Gumelar Tergiat Dalam Bidang Donor Darah

Banyumas, mediajateng.net – PMI Kecamatan Gumelar menerima penghargaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas sebagai PMI tergiat dalam bidang donor darah dan pendonor darah terbanyak se Kabupaten Banyumas Tahun 2021. Prestasi ini diraih oleh PMI Kecamatan Gumelar keaktifannya membina Unit Donor Darah secara rutin di setiap desa dan kelompok secara insidental. Penghargaan diberikan pada upacara dalam rangka HUT PMI ke-76 yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Untuk Sesama” beberapa waktu yang lalu.

Ketua PMI Kecamatan Gumelar Djoko Supeno mengatakan awalnya pelaksanaan donor darah dipusatkan di kantor kecamatan. Untuk menambah jumlah pendonor, pengurus PMI terus melakukan sosialisasi ke tingkat kadus dan Grumbul sehingga bisa terbentuk 25 UDD.

“Namun karena perolehannya kurang memenuhi target dan fasilitas tempat kurang memadai maka akhirnya pelaksanaan donor darah dipusatkan di balai desa masing-masing. Khusus desa Tlaga ada tiga tempat yaitu di balai desa dan Gerumbul Tipar dan Legok,” katanya Selasa (28/9/2021).

Djoko menambahkan saat ini masih ada 12 klompok UDD dan bisa memenuhi target PMI kabupaten yaitu rata-rata bisa diatas 30 perolehannya.

Djoko menceritakan, motivasi dari pengurus dan masyarakat Gumelar aktif mengikuti donor darah, karena sekitar tahun 2007, saat itu apabila ada pasien dari kecamatan Gumelar opname di rumah sakit dan membutuhkan darah, oleh pihak rumah sakit menghimbau kepada keluarga pasien harus ada donor pengganti. Maka atas saran dari Pengurus PMI kabupaten agar ada UDD di setiap Desa.

“Dalam sosialisasi kami memotivasi bahwa donor selain menyehatkan pendonor juga setetes darah, bisa untuk menolong nyawa orang lain dan juga apabila ada warga Gumelar butuh darah tidak usah mencari donor pengganti, karena warga Gumelar sudah banyak berkotribusi, maka apabila ada warga butuh darah kami tinggal nelpon ke bag UDD kabupaten,” jelas DJoko Supeno.

Dengan penghargaan yang diterima Djoko berharap akan memotivasi dan lebih meningkatkan kerjasama dengan pihak rumah sakit apabila ada pasien butuh darah segera ditangani karena stok darah di Sokaraja siap membantu rumah sakit.

“Kepada Bapak Camat, Kapolsek dan Danramil, para Kades, kkdds, toga/tomas dan relawan PMI terima kasih atas dukungan dan kerja sama yabg baik, sehingga PMI Gumelar mendapat penghargaan PMI Kecamatan tergiat,” pungkasnya. (MJ/50)