Upacara Hari Pramuka Banyumas Dilaksanakan Terbatas, Tanpa Pasukan Tunas Muda

PURWOKERTO, mediajateng.net – Peringatan Hari Pramuka Tingkat Kwarcab Banyumas akan digelar secara terbatas tanpa adanya Pasukan Tunas Muda sebagai pengibar bendera. Biasanya petugas pengibar bendera oleh anggota Pasukan Tunas Muda berjumlah 38 namun untuk upacara peringatan hari Pramuka ke 60 tingkat Kwacab Banyumas yang akan dilaksanakan Sabtu (14/8/2021), hanya disiapkan 13 pramuka sebagai petugas.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Achmad Supartono mengatakan, untuk petugas upacara tahun ini, memang sangat minimalis, dimana jumlahnya hanya ada 13 orang, yang akan bertugas dalam upacara pengibaran dan penurunan bendera sore harinya. Berbeda pada peringatan Hari Pramuka sebelum masa pandemi Covid-19, dimana Pasukan Tunas Muda memiliki formasi lengkap, yakni sebanyak 38 orang.

“Untuk tahun ini, karena dalam masa pandemi Covid-19 petugasnya hanya 13 orang yaitu petugas yang akan bertugas dengan formasi minimalis,” katanya, Kamis (12/08/2021).

Penentuan petugas yang hanya 13 Pramuka ini, memang bukan tanpa alasan, tapi sesuai dengan petunjuk serta mengacu pada kondisi pandemi Covid-19 di wilayah Banyumas saat ini. Partono berharap, kendati berbeda dari tahun tahun sebelum masa pandemi, namun diharapkan tidak mengurangi hidmat serta makna dari upacara peringatan Hari Pramuka ke 60.

Selain upacara peringatan Hari Pramuka juga diisi berbagai kegiatan sosial, seperti pembagian nasi kotak setiap hari sejak tanggal 17 Juli kerjasama dengan PKK dan ASN Kabupaten Banyumas. Juga aksi peduli covid 19 dengan melakukan penyemprotan desinfektan dan membantu pelaksanaan vaksinasi diperbagai tempat serta donor darah.

Sementara Wakil Ketua Dewan Kerja Cabang, Fajar Felik Pujianto mengatakan ke-tiga belas anggota Pramuka yang bertugas, akan menjadi petugas pengibar bendera, komandan upacara, pembawa acara, pembaca doa, ajudan, pengucap Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Dwi Darma dan Dasa Darma.

“Untuk Pasukan Tunas Muda dua tahun terakhir ditiadakan karena masih pandemi, sehingga kita lakukan rekruitmen petugas secara terbatas juga,” katanya

Demikian halnya untuk peserta upacara dibatasi hanya 130 orang yang berasal dari unsur andalan, pelatih, Pramuka Peduli perwakilan racana dan ambalan, serta unit DKC seperti Ubaloka, Pasukan Tunas Muda dan Unit Jurnalistik.

“Bertindak sebagai pembina upacara Ketua Mabicab Kak Ir Achmad Husein,” pungkas Felik. (MJ/50)