Diklat Senam PGRI Banyumas Ajak Masyarakatkan Olahraga Kesehatan

Banyumas, mediajateng.net – Memberikan edukasi kesehatan dan kebugaran fisik bagi guru, PGRI Banyumas menyelenggarakan pendidikan dan latihan senam PGRI. Diklat senam PGRI yang digelar selama dua hari ini (19-20 Oktober 2021) dipusatkan di Gedung Serbaguna GOR Satria Purwokerto.

Ketua PGRI Kabupaten Banyumas, Sarno, S.Pd., S.H., M.Si menyampaikan tujuan diklat senam ini untuk melatih kesehatan dan kebugaran badan. Hasil diklat senam akan disosialisasikan kepada anggota dan dilombakan pada tingkat kabupaten dan provinsi.

“Diklat senam PGRI dilaksanakan untuk membekali guru agar menguasai teknik dan gerakan senam. Mensosialisasikan gerakan senam untuk dipedomani yang akan dilombakan sampai tingkat provinsi,” terangnya.

Sarno menambahkan, peserta yang mengikuti diklat terdiri dari dua orang laki-laki dan satu orang perempuan untuk setiap perwakilan kecamatan. Sehingga total jumlah peserta 81 orang.

Menurutnya, tantangan bagi PGRI Banyumas adalah menyiapkan guru PJOK yang menguasai senam PGRI. Selain itu, keterampilan dalam mendokumentasikan gerakan senam dalam bentuk video yang proporsional.

Sarno berharap peserta dapat menularkan kepada guru yang lain di cabangnya masing-masing. Sehingga dapat memasyarakatkan senam PGRI sampai tingkat bawah dan meraih prestasi di tingkat nasional.

“Hasil diklat senam PGRI, peserta akan meneriman surat tanda tamat pelatihan yang dibubuhi tanda tangan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Surat tersebut dapat diklaim untuk dimasukkan ke Sasaran Kinerja Pegawai bagi guru,” pungkasnya. (MJ/50)