Perjuangan Warga Pesisir Demak, Kibarkan Merah Putih di Laut

DEMAK, Mediajateng.net – Warga di pesisir Pantai Utara Demak, Jateng, punya cara tersendiri dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Untuk memupuk semangat nasionalisme,
mereka menggelar upacara bendera di perairan Pantai Onggojoyo, Kecamatan Wedung, Demak, Jumat (17/8/2018).

Upacara pengibaran sang saka merah putih itu, diikuti ratusan peserta yang terdiri dari Siswa – siswi SMP Negeri 3 Wedung, SD Negeri Wedung 3, perangkat desa, karang taruna, warga dan sejumlah nelayan.

Para peserta mengikuti rangkaian prosesi upacara dengan penuh khidmah, meski cuaca cukup panas. Bertindak sebagai inspektur upacara, Kepala Desa Wedung,Djamaluddin Malik, yang sekaligus membacakan teks proklamasi.

“Upacara bendera di pantai ini, rutin dilaksanakan SMP Negeri 3 Wedung setiap 17 Agustus. Tahun ini memasuki tahun kedua. Alhamduillah, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah Desa Wedung dan warga, ” kata Heru Rahwiyanto, Wakil Kepala SMP Negeri 3 Wedung.

Tak mudah untuk menuju ke lokasi
upacara, mereka harus menempuh jarak 3 kilometer dengan perahu.

Bersama-sama, mereka naik perahu, menyusuri sungai, sambil membawa perangkat upacara dan belasan bendera untuk dikibarkan di laut.

Perjalanan selama 30 menit dan panas terik matahari tak mematahkan sangat mereka untuk mengikuti upacara bendera.

Menurut Heru , kegiatan upacara di alam bebas (laut) diharapakan dapat memupuk rasa cinta tanah air, menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Kita ketahui bersama bahwa bangsa kita adalah bangsa maritim dan kami sangat bangga akan itu semua. Ini cara kami, anak pantai menunjukkan rasa cinta tanah air dan bangsa,” ujarnya.

Para peserta upacara antusias mengikuti kegiatan di alam bebas itu. Selesai upacara, seluruh peserta upacara kemudian melakukan aksi bersih – bersih pantai. Mereka bahu membahu memunguti sampah, kemudian mengumpulkannya jadi satu, lalu dibakar.

Comments are closed.