Menuju Kampung Bebas Covid-19 dan Cegah Banjir, Warga Bandarhajo Kerja Bakti Massal

Menuju Kampung Bebas Covid-19 dan Cegah Banjir, Warga Bandarhajo Kerja Bakti Massal

Semarang, mediajateng.net, – Warga Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara melakukan kerja bakti resik-resik kampung dalam rangka menuju kampung sehat dan bebas Covid-19, Minggu pagi (15/11/2020). Sejak pagi warga membersihkan saluran sekunder dan para ibu rumah tangga dengan semangat peduli lingkungan sekitar membersihkan gang dan kampung.

Pada kesempatan tersebut, PJ Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto hadir didampingi Camat Semarang Utara Aniceto Da Silva, Lurah Bandarharjo Emi Setiana Estu, Danramil 03 Semarang Timur Utara Mayor Ah Sulistyono dan Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Joko Santoso.

Tavip Supriyanto langsung memimpin apel kerja bakti kemudian dilanjutkan keliling ke rumah warga. Sambil ikut membantu membersihkan selokan, Pj Wali Kota Semarang mengajak warga Bandarharjo untuk peduli terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Menuju Kampung Bebas Covid-19 dan Cegah Banjir, Warga Bandarhajo Kerja Bakti Massal
Pj Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto sedang berkeliling kampung Bandarharjo Semarang Utara yang sedang kerja bakti resik-resik kampung, Minggu (15/11/2020).

Menurut Tokoh Masyarakat Kelurahan Bandarharjo Bambang Sutrisno, kerja bhakti sendiri dilakukan secara serentak di 12 RW dan 104 RT Kelurahan Bandarharjo. Kegiatan ini sengaja digelar sebagai upaya antisipasi banjir saat musim penghujan. Sekaligus membuktikan bahwa warga Bandarharjo memiliki tingkat kepedulian tinggi.

“Sebentar lagi musim penghujan datang, ini sebagai bentuk antisipasi. Warga membersihkan saluran sekunder, dan untuk ibu-ibu membersihkan lingkungan kampung,” katanya.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, kerja bhakti juga sekaligus untuk memberantas sarang penyakit. Apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Selain lingkungan menjadi bersih, kerja bakti ini juga bertujuan untuk memberantas sarang nyamuk, juga sarang penyakit lainnya. Apalagi sekarang kita masih dalam kondisi pandemi covid-19. Sehingga dengan lingkungan yang bersih, diharapkan warga Kelurahan Bandarharjo jauh dari segala macam penyakit,” tandasnya.

Sementara itu, Pjs Walikota Semarang Tavip Supriyanto usai keliling kampung Bandarharjo mengatakan, pihaknya mengapresiasi giat kerja bhakti yang dilakukan oleh warga Kelurahan Bandarharjo. Apalagi dalam waktu dekat sudah mulai memasuki musim penghujan.

Menuju Kampung Bebas Covid-19 dan Cegah Banjir, Warga Bandarhajo Kerja Bakti Massal
Pj Wali Kota Semarang Tavip Supriyanto menghimbau warga untuk senantiasa peduli dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka, Minggu pagi (15/11/2020).

“Kami sangat mengapresiasi, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi. Melalui kerja bhakti ini harapan kami kesehatan masyarakat dapat terjaga, jadi bukan hanya covid-19 saja melainkan juga terjaga dari penyakit demam berdarah,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Tavip juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sekaligus kami juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan. Sehingga dengan lingkungan yang bersih, penerapan protokol kesehatan yang ketat, masyarakat dapat menjadi lebih sehat jauh dari virus corona mauapun dari penyakit lainnya,”tambahnya. (ot/mj)