Lasmi bantu 3000 Kotak Susu untuk Petugas Kesehatan di Banjarnegara

BANJARNEGARA, mediajateng.net
Informasi mengenai tindakan kurang menyenangkan bagi tenaga kesehatan (Nakes), dari penolakan pemakaman di Kabupaten Semarang hingga permintaan perawat pindah kos menjadi keprihatinan banyak pihak.

Para nakes seharusnya mendapat dukungan untuk tetap bekerja. Di samping itu, masyarakat semestinya mendukung mereka untuk dapat merawat para pasien yang tengah dalam proses penyembuhan. Bukan justru melakukan tindakan yang bertentantan dengan perjuangan mereka.

“Ditangan Nakes, pasien positif Covid-19 dan PDP bertumpu harapan kesembuhan. Dan mereka tahu resiko bahwa kapanpun mereka bisa tertular. Tapi, mereka tetap menjalankan tugas. Jadi perlu dukungan bukan malah memberikan stigma negatif,” kata Lasmi Indaryani, Selasa (28/4/2020).

Tidak saja Nakes seperti perawat, bidan dan dokter baik yang tugas di rumah sakit rujukan, maupun puskesmas. Namun, tenaga administrasi hingga tenaga kebersihan juga perlu dukungan masyarakat.

“Mereka perlu alat pelindung diri (APD) yang standar, karena mereka berhadapan langsung dengan pasien. Jika belum bisa menyumbang APD maka mari kita sumbang doa dan harapan positif sehingga Nakes tidak tertular,” tambah bendahara Fraksi Demokrat DPR RI.

Selain APD, menurut Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Lasmi Indaryani (LIY), hiburan dan suplemen kesehatan juga menjadi kebutuhan mereka saat ini untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Banyak dari nakes kerja 14 hari, kemudian dikarantina. Mereka juga ada rasa kekhawatiran. Karenanya dengan video dukungan untuk nakes itu juga sangat diperlukan,” tambah politisi Partai Demokrat asal Banjarnegara ini.

Sadar akan kebutuhan para nakes ini, Lasmi menyumbangkan 3000 kotak susu suplemen dengan harapan mampu memperkuat imunitas tubuh nakes di Banjarnegara.

“Tujuan penyaluran susu adalah untuk menambah imun tubuh, baik bagi tenaga kesehatan maupun pasien. Karena fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas adalah tempat yang rawan terjadi penularan virus corona. Terutama bagi yang kondisinya tidak fit,” tambahnya.

Susu bantuan disalurkan ke RSUD Anna Lasmanah, RSI Bawang, RS Emmanuel Klampok dan RS PKU Merden, serta seluruh puskesmas di Banjarnegara.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyambut baik dan berterima kasih kepedulian Partai Demokrat. Menurut dia, apa yang dilakukannya merupakan satu bentuk dukungan dan kepedulian terhadap rakyat.

Tidak hanya itu Partai Demokrat juga sudah memberikan 3.000 karton susu yang dibagikan untuk pasien rumah sakit yang ada di Banjarnegara sebagai tambahan nutrisi masyarakat untuk meningkatkan imunitas dalam mencegah persebaran virus covid 19.

“Sebagai bupati atas nama masyarakat Banjarnegara saya mengucapkan terimakasih, sebab selain peyemprotan ini, kita juga dapat bantuan 3.000 karton susu, satu karton ini isi 24 dus. Semua kita bagikan pada empat rumah sakit yang ada di Banjarnegara, mulai dari RSUD, RSI, RS Emanuel, dan PKU Muhammadiyah, susu ini kemudian dibagikan pada pasien yang ada,” katanya. (WP/mj)