Kereta Inspeksi KAI kedua meluncur

SEMARANG, Mediajateng.net – Peningkatan pengawasan fasilitas layanan kereta api yang dirasakan amat penting, membuat PT Kereta Api akhirnya meluncurkan kereta inspeksi generasi kedua, pada hari ini, Sabtu ( 6/1 ) di Stasiun Semarang Tawang. Terlebih menurut penjelasan Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, sampai saat ini ada sekitar 5.367 km jalur rel yang terbentang di sepanjang Pulau Jawa dan Sumatera, termasuk diantaranya 560 stasiun.

“Kereta inspeksi generasi kedua menghabiskan dana pembuatan sekitar 4,7 milyar rupiah yang mulai dikerjakan pada bulan September 2017 lalu.Kereta inspeksi generasi kedua ini merupakan modifikasi dari kereta rel diesel sebanyak dua unit. Jadi lebih mudah dan memiliki kecepatan sekitar 90 km/ jam.” jelas Edi disela – sela tinjauannya didalam kereta yang mengusung tema go green tersebut.

Satu set kereta inspeksi yang terdiri dari dua kereta diesel, sebelumnya pernah beroperasi KA Sriwedari jalur relasi Solo – Yogyakarta, dan pernah bertugas sebagai KA Kedung Sepur jalur Semarang Poncol – Grombo. Untuk selanjutnya melalui proses modifikasi oleh pihak Balai Yasa Yogyakarta.

Dengan kapasitas volume bahan bakar sebesar 700 liter dan bobot total 60 ton, fasilitas kereta terbagi dua bagian secara eksklusif. Diantaranya adalah tersedianya ruang rapat dengan fasilitas layar pantauan inspeksi jalur rel.

“Hal ini jelas sangat diperlukan untuk memantau seluruh fasilitas kereta api di saat puncak arus penumpang, terutama di hari raya Idul Fitri maupun akhir tahun.” tutupnya. (MJ-340)