Pak Dirman Ingin Demokrasi Berkeadaban di Pilgub Jateng

SEMARANG, Mediajateng.net – Calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said berharap pertarungan fair dalam Pilgub Jateng 2018. Bukan hanya dari peserta, namun juga seluruh elemen terutama penyelenggara dan penegak hukum.

Pak Dirman, sapaan karibnya, mengatakan gelaran Pilkada bukanlah ajang penentuan siapa penguasa, namun proses mencari pemimpin.

“Proses yang akan dijalankan pun tidak akan menghalalkan segala cara. Penegak hukum, penyelenggara pemilu, birokrat, partai politik jangan hanya mementingkan kepentingan sesaat,” kata dia di Posko Pemenangan Sudirman Said, jalan Pamularsih 95, Semarang, Minggu (7/1) saat memberi pengarahan pada para relawan.

Sudirman Said merupakan calon gubernur Jateng yang diusung tiga partai koalisi. Meski bukan kader, dia menerima mandat penuh dari pimpinan Partai Gerindra, PKS dan PAN.

Menurut dia, proses tersebut merupakan gambaran keterbukaan pemikiran pemimpin partai untuk mendengar apa yang dikehendaki masyarakat.

“Dalam konsep ibadah, makmum lah yang menentukan imam, bukan sebaliknya. Untuk menghindari lahirnya sifat ujub, atau sombong,” kata dia.

Karena itulah, lanjut Pak Dirman, mengawali proses Pilgub ini pihaknya sengaja meningkatkan peran masyarakat dalam rangka penerapan demokrasi yang berkeadaban.

“Agar masyarakat kita tidak selalu disilaukan dengan politik-politik pencitraan,” tandasnya. (MJ-17)