Dua Guru Berprestasi Purbalingga Latih Guru SMAN 1 Sigaluh

Banjarnegara, mediajateng.net – Guna meningkatkan kualitas pembelajaran para guru, SMAN 1 Sigaluh menggelar In House Training (IHT) bertajuk “Diklat Guru Merdeka, Berpihak Pada Siswa, Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”.

Kegiatan dihelat dengan model in on in, 22-31 Oktober 2021 secara luring, menerapkan protokol kesehatan ketat.
Untuk melatih para guru, dihadirkan dua pelatih guru berprestasi dari kabupaten tetangga, Purbalingga. Mereka adalah Ruswanto dari SMAN 1 Purbalingga dan Samrin dari SMAN 1 Rembang Purbalingga.

Ruswanto adalah guru dengan sebagian besar waktunya dihabiskan mengajar di Jeddah Arab Saudi, Eropa dan Singapura. Sementara, Samrin adalah guru muda yang produktif menulis buku dan membuat media pembelajaran.

Dalam kegiatan itu Ruswanto melatih guru agar mengajar dengan aneka metode yang menarik, sehingga siswa bahagia.

“Kita harus totalitas menyiapkan pembelajaran agar semenarik mungkin. Buat siswa bahagia dengan pembelajaran kita. Maka apapun pelajaran yang diberikan, akan dapat diterima siswa” jelas Ruswanto.

Sementara itu, Samrin lebih banyak mengajak para guru praktik membuat media pembelajaran secara cepat namun menarik.

“Banyak aplikasi yang tersedia gratis untuk membantu kita menyajikan materi pembelajaran. Seperti Canva, ribuan template tersedia dan saya menjamin siswa akan suka” jelas Samrin.

Ketua panitia kegiatan Dwi Sulistiyowati mengungkapkan, Diklat ini bertujuan menyiapkan guru menghadapi konsep baru Merdeka Belajar.

“Para guru kita ajak untuk mengajar berpihak pada siswa, memakai berragam metode dan media. Dengan begitu siswa akan merasakan merdeka belajar” jelas Dwi.

Salah satu peserta Iman Sri Kuwati mengaku pelatihan ini sangat bermanfaat.

“Sebagai guru tua, saya sangat senang diajari banyak hal baru oleh narasumber. Memang kami butuh pelatihan-pelatihan dari guru kreatif seperti Pak Ruswanto dan Pak Samrin” ujar Iman. (MJ/50)