Virtual, 500 an Siswa se Jawa Kunjungi Museum Sumpah Pemuda

mediajateng.net – Kondisi pandemi tak mengakibatkan siswa berhenti belajar dengan cara mengunjungi museum. Kunjungan virtual menjadi solusinya.

Seperti yang dilakukan oleh Museum Sumpah Pemuda, Senin (25/10/2021) mereka menyelenggarakan pameran museum secara virtual bertajuk: Lawan!

Lebih dari 500 siswa se Jawa didampingi oleh gurunya berpartisipasi melalui platform zoom meeting.

Beberapa sekolah seperti SMAN 6 Cimahi dan SMAN 1 Sukaraja Jawa Barat bahkan menggelar nonton bareng seluruh kelas.

Kegiatan seperti ini rencananya akan digelar setiap hari hingga 9 November mendatang dalam rangka memeringati Sumpah Pemuda.

Edukator Museum Sumpah Pemuda Endang Pristiwaningsih yang membuka kegiatan tersebut sangat mengapresiasi siswa yang mengikuti pameran virtual.

“Semoga acara virtual ini lancar dan memberi pengalaman dan pengetahuan baru, khususnya untuk para siswa” harap Endang.

Dalam kegiatan yang dipandu entertainer Rizki Maulina Putri itu, para peserta diajak berkeliling melihat koleksi museum Sumpah Pemuda, yang dengan gamblang dijelaskan oleh Eko Septian selaku pemandu pameran.

Eko banyak memperlihatkan arsip dokumen yang sudah didigitalkan, khususnya naskah Sumpah Pemuda yang asli.

“Sebenarnya ini merupakan hasil Kongres Kerapatan Pemuda yang oleh banyak kalangan akhirnya dikenal dengan Sumpah Pemuda” jelas Eko.

Salah satu siswa dari SMAN 5 Tasikmalaya Debi Arsita mengaku sangat takjup dengan pameran ini. Ia sangat senang meski tidak secara langsung hadir ke museum Sumpah Pemuda, namun bisa melihat arsip- arsip aslinya secara virtual.

“Menarik sekali, kita jadi tahu bentuk fisik naskah Sumpah Pemuda yang selama ini hanya kita lihat dari buku-buku sejarah. Ada kuis dan doorprize nya juga, jadi acaranya menyenangkan, tidak monoton” ujar Derbi. (MJ/50)