Cegah Longsor, Polres Demak Tanam Ribuan Pohon

DEMAK, Mediajateng.net – Kepolisian Resor (Polres) Demak menanam ribuan pohon di lahan rawan longsor dan banjir .

Aksi penanaman pohon yang dipusatkan di Dukuh Girikisumo Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen pada Jumat (10/1/2020) itu dihadiri oleh Bupati Demak HM Natsir, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Dandim 0716 Demak Letkol Arh. Muhammad Ufiz, Kadin Lingkungan Hidup Agus Musafak, jajaran Kodim 0716 Demak, jajaran Polres Demak, OPD se Kecamatan Mranggen, serta masyarakat setempat.

Berbagi jenis pohon yang ditanam mulai pete cina, mangga, jambu, belimbing, trembesi dan lainnya.

Aksi tanam pohon ini bertepatan dengan hari lingkungan hidup Indonesia dan hari gerakan satu juta pohon yang diperingati setiap 10 Januari.

Kapolres Demak, AKBP Fidelis Purna Timuranto, aksi penanaman pohon merupakan program Kapolri di awal tahun 2020 ini. Gerakan menanam pohon dengan tema “Polri Peduli Lingkungan” ini, serentak dilaksanakan oleh jajaran kepolisian di Indonesia.

“Harapannya, populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadinya longsor,” kata AKBP Fidelis, dalam pers releasenya Minggu (12/1/2020).

Polres Demak melibatkan unsur Muspika, TNI Polri, tokoh masyarakat, mahasiswa, hingga relawan lingkungan untuk aksi penanaman pohon kali ini. Pohon yang ditanam tersebut agar bisa memberikan manfaat jangka panjang.

Menurut dia, hasilnya memang tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun, para generasi yang akan datang dapat menikmati hasilnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat dan generasi muda untuk merawat pohon yang sudah ditanam serta mengajak mereka memiliki budaya menanam pohon.

“Penanaman pohon ini untuk memulihkan alam yang sudah banyak kehilangan pohon karena ditebang. Harapannya, bencana banjir hingga longsor bisa dicegah,” ujar Kapolres Fidelis.

Kapolre Fidelis menambahkan, Polri akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi, mengingat musim hujan akan berlangsung hingga Februari 2020.

Selain di Polres Demak, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Polsek jajaran Polres Demak dengan jumlah pohon sebanyak 5.000 batang.

” Intinya pohon peneduh yang akan kita tanam, itu sebagai wujud partisipasi Polres Demak melestarikan lingkungan kita. Semoga yang kita lakukan ini bermanfaat untuk kita dan anak cucu kita,” Tutup Fidelis.