Bupati Grobogan Berikan Remisi untuk 86 WBP Rutan Kelas IIB Purwodadi

GROBOGAN, mediajateng.net – Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke 75, Bupati memberikan pemotongan masa pidana atau remisi kepada 86 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas IIB Purwodadi. Penyerahan remisi itu diberikan secara simbolisasi oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni kepada tiga orang perwakilan WBP dalam Upacara HUT ke 75 Kemerdekaan RI di Halaman Setda Grobogan, Senin (17/8/2020).

Dalam menyerahkan remisi itu, Bupati didampingi langsung Kepala Rutan Kelas IIB Purwodadi, Solichin. Penyerahan juga disaksikan peserta upacara yakni jajaran Forkopimda Grobogan, TNI – Polri dan Satpol. Bupati juga berpesan kepada ketiganya agar memanfaatkan pemotongan masa pidana tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Tetap semangat dan jangan melakukan kesalahan lagi,” pesan Bupati.

Terpisah, Kepala Rutan Kelas IIB Purwodadi, Solichin mengungkapkan, pemberian remisi umum tahun 2020 ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke 75 RI. Menurutnya, sebanyak 86 WBP diusulkan mendapatkan remisi umum dengan rincian pemotongan masa pidana satu bulan sebanyak 35 orang, dua bulan 21 orang, tiga bulan 19 orang, empat bulan 10 orang, serta enam bulan untuk satu orang.

“Masing-masing yang mendapatkan remisi ini yaitu WBP yang terlibat dalam kasus narkotika, perlindungan anak, penganiayaan, penggelapan, KDRT, pencurian, pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, pornografi dan penadahan.”

“Hingga saat ini jumlah WBP di Rutan Klas IIB Purwodadi sebanyak 173 orang dengan rincian napi sebanyak 112 orang dan tahanan 61 orang. Yang saat ini Asimilasi Rumah ada 48 orang, dan tahanan di Polres Grobogan ada sembilan orang,” kata Solichin.

Terkait pemberian remisi tersebut, pihaknya juga berharap kepada para penerima agar memanfaatkan sebaik-baiknya dan tetap berkelakuan baik selama dalam pembinaan Rutan Kelas IIB Purwodadi.

“Kami berharap agar bisa dimanfaatkan baik oleh mereka yang mendapatkan remisi ini. Selain itu, kami juga meminta kepada mereka untuk tetap berkelakuan baik saat mengikuti pembinaan di dalam Rutan Kelas IIB Purwodadi ini, karena tidak semua WBP mendapatkan remisi tersebut dan ke depan mereka akan siap ketika dikembalikan kepada masyarakat,” pesan Solichin. (Ag-MJ)