Bupati Banyumas Buka Kontes Ayam Pelung

Bupati Banyumas Buka Kontes Ayam Pelung

Banyumas, mediajateng.net – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein membuka kontes ayam pelung yang digelar oleh komunitas Mitra Pelung Satria bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Banyumas, Minggu 10 Oktober 2021 di Agrowisata Duriaan Desa Karangrau Banyumas.

Kontes diikuti oleh puluhan ayam pelung dari berbagai wilayah di Kabupaten Banyumas. Bupati mengapresiasi penuh, adanya kontes tersebut.

“Kontes ayam pelung, ini kontes yang langka. Baru dengar saya ada kontes Ayam Pelung, karena ayam pelung jarang dipelihara orang. Dengan adanya kontes ini diharapkan orang jadi tertarik, pelihara ayam pelung,” katanya.

Ia berharap, upaya pembudidayaan Ayam Pelung jangan sampai hanya digelar kontes saja. Namun, bupati meminta agar Ayam Pelung bisa benar-benar menghidupi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

“Nanti dicoba dibicarakan dengan Dinkankanak, harus ada klaster pelung dulu. Jadi misal orang cari Ayam Pelung, ya cukup cari di satu desa saja,” ucapnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Ir. Sulistiono, M.Si mengatakan, ada beberapa kategori yang dilombakan. Pertama kelas Jejangkar dan kelas umum dibagi tiga kategori penampilan, suara, dan bobot.

“Ini sebagai salah satu promosi ayam pelung. Bisa jadi agenda promosi wisata di Kabupaten Banyumas,” ucapnya.

Anggota DPRD Kabupaten Banyumas Fraksi PKS Dedi Supriyanto mendukung kegiatan kontes ayam pelung karena dapat untuk mengangkat produk-produk peternakan yang ada di Banyumas tetapi bukan hanya sekedar itu, sebagai contoh untuk lokasinya dia menyarankan di lokasi wisata supaya ternaknya dapat dan tempat wisatanya juga terangkat.

“Saya kepengin Kabupaten Banyumas menjadi salah satu produsen ayam pelung walaupun ayam pelung bukan ayam asli Banyumas tetapi jika kualitas dan populasinya bisa di tingkatkan dengan cara seperti ini dapat menarik orang untuk ikut beternak harapanya orang-orang yang terlibat di dalamnya secara ekonomi bisa meningkat ,” ujarnya

Ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori suara, kategori penampilan dan kategori bobot. Dari ketiga kategori masing-masing di ambil 3 pemenang yaitu untuk kategori Suara: Juara I, Telaga Wangi nama pemilik KTH BMS dari Cilongok, Juara II Gilar nama Pemilik Ozin dari Banyumas dan juara III Prabu nama pemilik Barudin dari Wangon.

Untuk kategori penampilan juara I di raih oleh Birawa nama pemilik Ozin dari Kebasen, Juara II Jaguar nama pemilik Putra dari Ajibarang dan juara Ill, Mbah Bejo milik Dayat dari Sokaraja. (MJ/50)