STIE Tambara Genjot Ekonomi Kreatif, Sulap Singkong Jadi Olahan Nikmat

Banjarnegra, mediajateng.net – Dalam usianya yang menginjak 18 tahun, STIE Tamansiswa Banjarnegara atau STIE Tambara semakin mantap berkomitmen untuk turut memajukan masyarakat Banjarnegara melalui dunia pendidikan.

Dalam acara Dies Natalis STIE Tambara ke 18 yang berlangsung pada Senin, 11 Oktober 2021, rangkaian acara turut memeriahkan Dies Natalis STIE Tambara tersebut, mahasiswa juga menyulap singkong menjadi olahan kuliner yang nikmat dengan nilai jual tinggi, dihidangkan dengan tampilan yang menarik.

Hal tersebut didasari akan banyaknya perkebunan singkong yang ada di Wilayah Banjarnegara, ketika pada musim panen terkadang harga singkong tidak stabil, sehingga para mahasiswa STIE Tambara mencoba untuk menaikan nilai jual singkong dengan membuat berbagai olahan dari bahan baku tersebut.

Diketahui untuk memeriahkan Dies Natalis STIE Tambara diadakan berbagai acara lomba, salah satunya adalah lomba olahan kuliner dengan bahan baku singkong.

Sebagai Juri olahan kuliner singkong STIE Tambara yaitu Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Dim 0704/Banjarnegara Ny Meliana Ramadhani Sujeidi Faisal, Ny Anugrah Windu S.Ag Dharmawanita Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Mewakili Ketua Cabang Bhayangkari Banjarnegara Ny. Susmiyati, Ny Sri Rejeki Indarto SE Ketua Dharmawanita kabupaten Banjarnegara dan Ketua GOW, Ny Eli Arifin Romli dan Ny Niken Paryono Perwakilan PKK.

Kegiatan berlangsung meriah dan cukup membuat juri kewalahan dalam menentukan juara dalam lomba tersebut, selain rasanya yang enak dan lezat, tampilanya pun layak disajikan sebagai menu resto dengan nilai jual yang tinggi.

Semua juri pun sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan STIE Tambara, saat ditemui mediajateng.net usai kegiatan berlangsung seluruh juri mendukung upaya STIE Tambara dalam upaya pemasaran singkong dengan menyulapnya agar nilai yang dihasilkan lebih tinggi.

Ketua STIE Tambara Lustono S.Pd MM menjelaskan adanya rangkaian lomba dalam acara Dies Natalis STIE Tambara ke 18 yang salah satunya adalah lomba olahan singkong tersebut merupakan wujud serta hadirnya STIE Tambara ditengah masyarakat, dengan harapan turut serta dalam memulihan ekonomi Nasional paska pandemi Covid-19.

Pihaknya terus berupaya untuk melakukan trobosan-trobosan untuk turut serta membantu Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Ekonomi Kreatif serta Desa Wisata.

Seperti kegiatan yang akan berlangsung pada 26 Oktober 2021, STIE Tambara bersama Sarsipol dan Forkopimda Banjarnegara rencanaya akan meresmikan Ekonomi Kreatif yang ada di Desa Wisata Pagak, yang merupakan salah satu Desa binaan STIE Tamansiswa Banjarnegara. (MJ/50)