Visitasi SMK Negeri 1 Bawang ke Perpustakaan Cendekia Smansabara

Banjarnegara, mediajateng.net – Rombongan tim perpustakaan SMK Negeri 1 Bawang mengadakan visitasi dalam rangka studi banding ke Perpustakaan Cendekia SMAN 1 Banjarnegara. Selasa, 4 Mei 2021.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Perpustakaan , Endah Budiati terdiri 8 orang diterima dengan baik oleh Kepala SMAN 1 Banjarnegara dan tim perpustakaan Cendekia Smansabara di ruang pertemuan dengan prokes yang ketat.

Menurut Leni Agusliana, pustakawan SMAN 1 Banjarnegara selama masa pandemi kegiatan di perpustakaan tidak membuka pelayanan peminjaman buku secara langsung namun siswa memanfaatkan perpustakaan digital secara online. Perpustakaan hanya membuka pelayanan khusus untuk siswa kelas XII pengembalian buku paket dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan dilakukan secara terjadwal.

Endah Budiati, selaku kepala perpustakaan SMKN 1 Bawang menyampaikan bahwa sekolahnya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti akreditasi perpustakaan pada Agustus mendatang. Maksud kunjungan mereka untuk “sharing” berkaitan dengan akreditasi perpustakaan dan melihat-lihat koleksi yang ada di perpustakaan Cendekia Smansabara.

Perpustakaan SMK N 1 Bawang menurut penuturan Endah Budiati sudah mempersiapkan segala sesuatunya tinggal melengkapi komponen-komponen yang belum ada. Tim perpustakaan SMK N 1 Bawang sharing materi berkaitan dengan mempersiapkan beberapa komponen yang meliputi koleksi, sarana prasana, layanan, tenaga perpustakaan, manajemen dan komponen penguat.

Sementara itu, Kepala Peprustakaan Cendekia Smansabara, Lien Ramaina Sutarto mengatakan Perpustakaan Cendekia Smansabara sejak tahun 2019 telah terakrediitasi A dan pernah meraih juara 2 lomba perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Disarpus Provinsi Jawa Tengah.

“Saat ini, perpustakaan Cendekia selalu berbenah dan mempercantik diri dengan meningkatkan pelayanan dan memperbanyak koleksi-koleksi buku yang sudah mencapai puluhan ribu eksemplar. Setiap tahun, kami selalu menambah koleksi buku –buku baik buku fiksi maupun nonfiksi, ensiklopedi, kamus dan lain-lain, sehingga sampai saat ini koleksi buku di perpustakaan kami sudah mencapai puluhan ribu eksemplar” jelasnya. (MJ/50)