PPKM, Pangkalan SD IT Annida Sokaraja Banyumas Latihan Pramuka Virtual

BANYUMAS, mediajateng.net – Pangkalan SD IT Annida Sokaraja tetap melaksanakan kegiatan berlatih Pramuka di tengah PPKM Level 4. Kegiatan yang sudah menjadi Ekstrakurikuler wajib tersebut dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 07.30 hingga 09.00 WIB.

Ketua Mabigus Sony Pamela usai latihan rutin Sabtu (28/08/2021) mengatakan pemberlakuan pembatasan kegiatan nasyarakat Level 4 untuk Pulau Jawa dan Bali tidak menyurutkan semangat para pembina dan anggota pramuka pangkalan SDIT Annida Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sokaraja untuk terus giat berlatih pramuka walaupun dilaksanakan secara virtual.

“Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Secara Virtual dilakukan karena masih pandemi, ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dimulai sejak tanggal 24 Juli 2021 lalu. Kegiatan Ekstrakurikuler Virtual dilaksanakan mulai pukul 07.30 – 09.00 WIB dan wajib diikuti oleh seluruh anggota pramuka baik siaga maupun penggalang,” katanya

Para anggota pramuka akan mengikuti latihan virtual pada link yang telah disediakan sesuai dengan tingkatannya.

”Kegiatan Pramuka ini adalah kegiatan yang sangat positif, yang dapat membentuk karakter anak menjadi pribadi yang lebih kuat dan berkarakter baik. Kegiatan Pramuka harus terus dilaksnakan ditengah keterbatasan melaksanakan pembelajaran tatap muka disekolah, agar tidak terjadi degradasi karakter pada anak didik,” katanya.

Ia menambahkan pada kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Sabtu (28/08/2021) ini untuk adik adik siaga didampingi oleh Bunda Tyas dan Yanda Sony. Sedangkan untuk golongan penggalang Penggalang didampingi oleh Kak Erna dan kakak Afi

“Untuk materi yang diberikan hari ini golongan siaga dengan materi Arti dan Makna Lambang Gerakan Pramuka, dan menyebutkan lima macam kesenian yang ada di Indonesia. Sedangkan golongan penggalang materi tanda pengenal pada pakaian Pramuka serta praktek Membuat Struktur Pemerintahan dari tingkat RT,” tambahnya.

Dari daftar absensi tercatat ada 66 Pramuka Siaga yang terdiri siaga putra 32 andik, dan siaga putri 34 andik. Untuk pramuka penggalang hadir 87 andik yang terdiri dari penggalang Putra 42 andik dan penggalang putri 45 andik.

“Sebagaimana latihan luring, setiap latihan virtual juga ada satu dua anak didik yang tidak bisa mengikutinya latihan, ada toleransi mereka tidak mengikuti latihan,” pungkasnya. (MJ/50)