POP YSMI di Banjarnegara Didukung Penuh Kepala Sekolah Sasaran

Banjarnegara, medijateng.net – Program Organisasi Penggerak (POP) yang dilaksanakan oleh Yayasan Sahabat Muda Indonesia (YSMI) bekerjasama dengan Ditjen GTK Kemdikbudristek di 20 SMP di Banjarnegara didukung penuh oleh Kepala Sekolah sasaran POP. Hal tersebut terlihat dalam Sosialisasi POP yang digelar di Hotel Surya Yudha, Senin 11 Oktober 2021 dengan menerapkan prokes ketat.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Bidang SMP dan PTK Dindikpora Banjarnegara yang memberikan arahan. Kabid SMP Bambang Budi Setyono mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan POP untuk meningkatkan kompetensi para guru SMP di sekolah sasaran agar semakin berkembang.

“Ini program yang bagus dari kementerian, harapannya semua guru dan kepala sekolah proaktif. Jika tidak maka kami siap untuk mengingatkan” ujar Bambang.

Kepala SMPN 1 Punggelan Ahmad Samiri mengaku sangat menantikan program ini. Menurutnya, ia sedang mencari formula kekhasan di sekolahnya yang dapat menjadikan sekolahnya unggul.

“Kami sangat berharap dengan intervensi yang dilakukan dalam POP ini dapat menjadi perubahan positif terhadap kami. Kami sangat tertarik dengan peningkatan literasi dengan media audiovisual” ujar Samiri.

Senada dengan hal itu, Kepala SMPN 1 Wanadadi yang juga Ketua Dewan Kesenian Banjarnegara Drajat Nurangkoso mengatakan bahwa program POP yang dilaksanakan YSMI mendukung berkembangnya kegiatan berwawasan kebudayaan.

Ketua Umum YSMI Heni Purwono berjanji akan totalitas dalam menjalankan program ini. Ia berharap programnya tidak kalah dengan episode Merdeka Belajar lainnya.

“Saya melihat potensi guru dan ekosistem sosial budaya di Banjarnegara begitu beragam. Tentu akan sangat menarik ketika hal itu dipadukan. Guru akan mampu membuat media pembelajaran berbasis potensi lokal dengan media audiovisual, dan tentu akan sangat mendukung terwujudnya profil pelajar Pancasila. Kebhinekaan global tidak ada artinya jika pelajar kita tidak memahami budaya lokal” tandas Heni. (MJ/50)