Mageri Segoro, Polda Jateng Tanam Satu Juta Mangrove

Demak,mediajateng.net – Kapolda Jateng Irjen Pololisi Ahmad Luthfi melaksanakan penanaman mangrove program di Desa Bendono Kecamatan Sayung Demak, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan bertajuk Polda Jateng Mageri Segoro itu dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto,

Seusai kegiatan, Irjen Luthfi menyampaikan bahwa selain melaksanakan penanaman pohon mangrove, juga dilaksakan kegiatan bakti sosial dan vaksinasi.

“Dalam rangka peningkatan ekonomi nasional di wilayah garis pantai, disamping bakti sosial, vaksinasi dan panen kerang, kita melaksanakan kegiatan yang namanya Mageri Segoro yaitu menanam mangrove di 16 Polres yang mempunyai garis pantai maupun sungai,” kata Irjen Luthfi.

Irjen Luthfi menjelaskan, dalam penanaman mangrove ini, masing-masing polres minimal menanam 50 ribu hingga 70 ribu batang pohon yang ditanam secara serentak.

“Penanaman mangrove ini bertujuan untuk mencegah wilayah kita dari abrasi, menjaga ekosistem laut serta menekan dan menyerap emisi,” jelas Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan Polda Jateng Mengeri Segoro.

“Ini merupakan trigger untuk membuat rasa memiliki masyarakat terhadap wilayah yang memiliki garis pantai dan sungai,” tegas Kapolda Jateng.

Kapolda menandaskan, kegiatan ini hanya awal, nantinya akan diikuti kegiatan yang lain.

“Tadi kami sudah lapor Pak Gubernur Jateng, nanti akan di gas pol untuk penanaman mangrove. Yang terpenting adalah perawatannya. Hari ini sudah tertanam hampir 1 juta pohon mangrove,” ungkap Kapolda Jateng. (MJ/60)