Pengumuman Tunggu Moment, Waktu ‘Berdebar’ Bacalon Gubenur Jateng ‘Diperpanjang’

SEMARANG, Mediajateng.net – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memimpin rapat konsolidasi tertutup 3 pilar di kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Kamis (9/11). Pertemuan tertutup itu dihadiri semua kepala daerah, pimpinan DPRD dari PDIP seluruh Jawa Tengah.

Megawati hadir didampingi Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, Puan Maharani, anggota DPR RI Agustina Wilujeng, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Usai rapat konsolidaasi melalui Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, pada acara rapat konsolidasi ini Ketua Umum PDIP Megawati tidak membahasa apalgi mengumumkan pasangan calon yang akan diusung dalam Pilgub Jateng maupun Pilkada di tujuh daerah.

“Untuk rekomendasi Jateng masih menunggu momentum. Momentum yang tepat. Kita masih berdialog,” kata Hasto

Hasto melanjutkan, mengenai pengumuman rekomendasi akan dilakukan setelah pembacaan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubenur untuk Provinsi Bali dan Riau pada 11 November 2017 di kantor DPP PDIP di Lenteng Agung Jakarta. Hasto mengatakan Jawa Tengah adalah basis utama PDIP sehingga layak disebut sebagai kandang banteng.

“Di sini kekuatan mesinnya sangat ideologis, ini yang dipesankan Ibu Mega untuk terus dijaga,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lewat kekuatan ideologis tersebut, seluruh potensi di PDIP siap bergerak pada saat dibutuhkan. Menurutnya, rekomendasi pilkada itu bukan soal orang per orang, tetapi lebih pada bagaimana cara mengelola kekuasaan.

“Oleh karena itu bila ada yang melakukan pelanggaran seperti kena OTT KPK atau korupsi, Ketua Umum dengan tegas mengatakan akan langsung dipecat,” tegas Hasto.

Hasto menambahkan, seluruh bakal calon yang sudah mendaftar melalui PDIP saat ini dipersilakan untuk melakukan sosialisasi.

“Mau ke DPC, sayap partai, atau turun langsung ke masyarakat silakan. Dengar dan serap aspirasinya karena PDIP dan rakyat harus sinergis,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengatakan untuk memberikan rekomendasi khususnya pada 7 Pilkada serta 1 Pilgub di Jateng, masih banyak waktu hingga bulan Januari 2018 mendatang dan kini tahapan bakal calon sudah memasuki tes kelayakan dan kepatutan.

“Batas waktunya kan bulan Januari. Masih ada waktu. Yang lain juga belum kan, Jawa Barat belum, Kalimantan belum, masih banyak yang belum,” katanya.