Mau Lolos Dari Tilang, Ini Rahasianya

PURBALINGGA, Mediajateng.net – Dalam rangka Operasi Zebra Candi 2017 Satlantas Polres Purbalingga menggelar razia simpatik di jalan Jenderal Ahmad Yani depan Taman Usman Janatin, Purbalingga, Jumat (10/11/2017).

Sejumlah pengendara sepeda motor maupun mobil dihentikan dan dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan meliputi surat-surat kelengkapan seperti SIM dan STNK. Selain itu kelengkapan kendaraan juga dilakukan pemeriksaan.

Ada hal unik yang dilakukan Satlantas Polres Purbalingga dalam razia tersebut. Biasanya bagi pelanggar lalu lintas langsung dikenakan tilang, kali ini para pelanggar diberi kuis untuk menyebutkan nama pahlawan.

Sejumlah gambar pahlawan ditunjukan kepada pelanggar. Diantaranya gambar pahlawan nasional seperti Pattimura, Imam Bonjol, Cut Nyak Dien, W.R. Supratman, Sisingamangaraja dan lain sebagainya.

Kabag Ops Polres Pubalingga AKP Herman Setiono mengatakan kegiatan Operasi Zebra Candi 2017 yang dilaksanakan kali ini bertepatan dengan hari pahlawan tahun 2017. Oleh karenanya kita melakukan inovasi dengan memberikan edukasi dalam razia.

Dalam razia kali ini, bagi para pelanggar lalu lintas, tidak langsung kita tilang. Namun pelanggar kita berikan kuis untuk menyebutkan nama pahlawan nasional melalui gambar yang sudah disediakan.

“Apabila bisa menyebutkan dengan benar nama pahlawan maka para pelanggar tidak kita tilang. Kita berikan teguran saja agar tidak mengulangi pelanggarannya. Namun apabila tidak bisa maka kita berikan tilang,” jelasnya.

Kabag Ops menambahkan, hal yang dilakukan tersebut dalam rangka memperingati hari pahlawan. Selain itu sebagai langkah untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat nama Pahlawan Nasional Indonesia.

“Dengan mengingat kembali dan mengerti nama pahlawan nasional diharapkan masyarakat juga mampu menghargai jasa pahlawan bangsa,” jelasnya

Dari sejumlah pelanggar yang terjaring razia, 10 orang berhasil menyebutkan dengan benar nama pahlawan nasional. Sedangkan 5 pelanggar lainnya dikenakan tilang karena tidak bisa menyebutkan nama pahlawan yang diperlihatkan.