Pemkot Semarang Terus Angkat Potensi Musisi Lokal

SEMARANG, Mediajateng.net, – Komitmen Walikota Semarang, Hendrar Prihadi untuk menggeser fokus pembangunan dari sektor industri ke sektor pariwisata terus dilakukan. Hal itu diwujudkan dengan memperbanyak event atau agenda wisata bernuansa seni dan budaya yang digelar di Kota Semarang.

Jika sebelumnya, Hendi sapaan akrab walikota sukses menggelar Semarang Jelajah Musik (Semarjamu) dan Semarang Introducing Market (SIM) di Banjir Kanal Barat yang menjadi puncak rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, Jumat (23/8) lalu, Hendi kembali menginisiasi sebuah event musik mini konser bertajuk “Urban Street Music”.

Event itu sebagai salah satu pilihan berelaksasi bagi warga masyarakat melepas penat dari rutinitas hariannya. Bertempat di depan Kantor Balaikota Semarang, Urban Street Music digelar secara rutin setiap Jumat malam.

Selain menyuguhkan hiburan dan penampilan grup band lokal Semarang, juga menyajikan menu-menu food truck dan layanan haircut. Ide mini konser tersebut digagas Hendi sebagai upaya untuk memecah tempat keramaian di Kota Semarang setiap akhir pekan.

Hendi juga berharap agenda musik ini dapat menjadi ruang berkegiatan yang positif dengan memanfaatkan ruang terbuka publik. “Acara ini dilaksanakan tiap Jumat malam dengan mengangkat genre musik yang berbeda setiap minggunya,” ungkap Hendi.

Ditambahkan, perbedaan genre musik dimaksudkan agar seluruh musisi lokal Kota Semarang dapat tampil menghibur warga Kota Semarang. “Jadi selain untuk wadah hiburan masyarakat, kami juga ingin mendorong musisi lokal Semarang lebih banyak wadah untuk mengekspresikan karyanya,” tegas Hendi.

Dalam acara ini, sejumlah band Rock Semarang tampil. Band Rockstar menjadi penutup acara dengan membawakan lagu “Sweet Child O’Mine” yang dipopulerkan oleh Guns ‘N Roses.

Hendi pun tidak mau kalah dengan tampil menyanyikan lagu “Misteri” yang dipopulerkan grup band legendaris God Bless. Di gelaran perdana, Urban Street Music mengangkat genre Jazz dan bergantian di minggu kedua mengangkat genre musik rock.

Hendi juga menegaskan, bahwa acara musik tersebut diharapkan dapat menjadi ruang bagi musisi lokal Kota Semarang untuk dapat mengasah dan meningkatkan skill bermusiknya.

“Kami sangat ingin anak-anak band di Kota Semarang dapat berkembang semakin baik dan meningkatkan skill bermusiknya,” tambah Hendi.

Sejak mulai digelar tanggal 9 Agustus lalu, ajang Urban Street Music telah dua kali sukses menghibur dan meramaikan suasana Jumat malam di jalan protokol Jalan Pemuda Semarang.

Tak hanya warga Kota Semarang, ajang musik ini harapannya juga dapat menjadi alternatif tujuan dan suguhan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang. “Harapan kami acara seperti ini juga jadi destinasi wisata baru, oh di Kota Semarang setiap Jumat malam ada musikan di depan Balaikota, ini bagus,” pungkas Hendi.