Perkuat Memerangi COVID-19, Grab Lakukan Sejumlah Langkah

Semarang, Mediajateng.net, – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja (Work From Home) belajar dan beribadah di rumah, (16/3/2020). Instruksi ini disampaikan untuk memerangi penyebaran virus corona (COVID-19) yang saat ini sudah menelan korban. Grab Indonesia berada pada lini terdepan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkolaborasi memerangi pandemic virus corona dengan bergabung dalam gerakan KitaVSCorona.

“Seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab Indonesia bersatu untuk melawan musuh bersama yaitu pandemi virus. KitaVSCorona berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi,” ungkap Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia.

Neneng menyampaikan rasa terimakasih kepada para mitra pengemudi, pengantaran dan merchant yang terus melayani masyarakat Indonesia ditengah mewabahnya virus corona. Sebagai kesiapsiagaan Grab Indonesia terhadap situasi pendemi virus corona, pihaknya menerapkan sejumlah langkah diantaranya menjalankan jaga jarak sosial yang aman dengan memanfaatkan pemesanan tanpa kotak diantara kedua belah pihak.

“Yakni dengan menginformasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu. Yang selanjutnya, mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut,” katanya.

Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, Neneng menambahkan, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah pencegahan di seluruh gerai GrabKitchen di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan. Langkah tersebut diantaranya dengan mengecek suhu tubuh seluruh staf GrabKitchen termasuk staf mitra merchant sebelum mulai bekerja. Dan seluruh mitra merchant akan memastikan bahwa semua pesanan makanan telah dibungkus dengan benar sebelum diserahkan kepada mitra pengantaran.

Neneng melanjutkan, GrabFood juga berharap dapat segera bekerja sama dengan Kementerian dan badan pemerintahan terkait untuk mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan tambahan tersebut ke para pelaku industri makanan dan minuman demi keberlangsungan bisnis industri makanan dan minuman dan keamanan masyarakat dalam jangka panjang.

“Sebagai contoh, Grab telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam industri makanan dan minuman untuk meningkatkan standar kebersihan. Kami juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik,” katanya mencontohkan.

Pihaknya juga melakukan penyemprotan desinfektan secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan makanan. Mitra pengantaran juga dihimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas GrabFood mereka secara berkala dengan cairan desinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu.

“Untuk mitra pengemudi dan pengiriman, kami telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19,” tambahnya.

Lebih lanjut Neneng berharap kepada konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Grab Indonesia akan memanfaatkan platform KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. (ot/mj)