Organisasi dan Pengusaha Tionghoa Bantu APD 14 RS di Kota Semarang

Semarang, Mediajateng.net, – Paguyuban Tionghoa Semarang yang terdiri dari Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (Porinti) Semarang dan  Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (Perpit) Jateng menyumbang APD standar medis guna penanganan dampak virus corona (covid-19).

Ratusan ribu masker tersebut terdiri dari 10.000 masker N95 dan 100.000 masker medis yang disalurkan ke 14 rumah sakit yang ada di Kota Semarang. Di antaranya RS Telogorejo, RSUD KRMT Wongsonegoro, RS Bhayangkara, RS Permata Medika, dan lainnya.

Menurut Ketua Harian Porinti Semarang, Yoga Pangemanan, bantuan dimaksudkan sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian kepada tenaga medis di tengah pandemi corona. Bantuan ini berasal dari penggalangan dana secara sukarela dari para anggota Porinti.

“Kami ingin partisipasi dalam meringankan dan mendorong tenaga medis yang kekurangan APD, agar mereka dapat bekerja lebih baik,” kata Yoga kepada mediajateng.net, Sabtu (25/4/2020).

Menurutnya, saat ini tenaga medis di RS mengalami kekurangan APD. Sehingga, sangat penting bagi seluruh masyarakat untuk saling membantu dalam menanggulangi pandemi corona.

Pada kesempatan yang sama, Pengurus Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (Perpit) Jawa Tengah, Harjanto Halim menambahkan, bantuan APD standar medis ini merupakan bentuk dukungan pihaknya bagi para tenaga medis yang sedang berjuang menangani wabah corona.

“Kami pun berharap wabah ini bisa segera teratasi dan selesai. Sehingga kondisi sosial ekonomi masyarakat bisa kembali pulih,” katanya.

Sementara itu, perwakilan RS Elizabeth, Probowati mengatakan, pihaknya terbantu dengan adanya bantuan masker dari Porinti Semarang. Pasalnya, saat ini mengalami kekurangan masker khususnya masker N95.

“Setiap hari kami butuh ribuan masker, baik untuk tenaga medis maupun pasien. Kami sampaikan terimakasih atas bantuannya,” katanya kepada mediajateng.net, Sabtu (25/4/2020).

Dikatakannya, dalam satu hari, setidaknya 2.000 masker N95 dan masker medis. Sehingga, jika ada masyarakat yang berkeinginan mendonasikan bantuan masker maupun APD lainnya, pihaknya akan merasa sangat terbantu.

“Kami berharap, pandemi ini segera berlalu dan bisa kembali normal seperti sediakala,” harapnya. (ot/mj)