Kepada Para Calhaj, Ini Pesan Bupati Grobogan

GROBOGAN, Mediajateng.net – Para jemaah haji Kabupaten Grobogan berkumpul di Pendopo Kabupaten Grobogan untuk melakukan manasik haji. Sebelum pelaksanaan manasik haji, Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni berkesempatan membuka kegiatan manasik haji ini, Jumat (13/7/2018).

Dalam sambutannya, Bupati menghimbau jemaah haji agar mempersiapkan diri. Menurutnya, selain kesehatan dan fisik, persiapan mental perlu diperhatikan para jamaah. Itu dilakukan dengan harapan calon jemaah haji dapat meraih haji yang mabrur.

’’Mulai sekarang, dijaga kesehatannya, persiapkan fisik dan mental. Perbanyak beribadah dan berdoa agar diberi kemudahan saat menjalankan ibadah haji nantinya,’’ pesan Sri Sumarni.

Selain mempersiapkan kondisi pribadi para jemaah, Bupati juga berpesan agar jemaah memanfaatkan waktu menunggu jadwal pemberangkatan dengan memahami tata cara pelaksanaan haji. Tujuannya, agar jemaah dapat menjalankan rukun haji dengan sempurna.

Sri Sumarni juga meminta tim pendamping haji daerah (TPHD) Kemenag Grobogan agar menjalankan tugasnya dengan baik.

’’Jemaah haji harus dilayani dengan baik. Apalagi, banyak jemaah haji yang sudah usia lanjut,’’ ujarnya.

Pada ibadah haji 2018 ini, jumlah jemaah haji dari Kabupaten Grobogan yang akan berangkat ke tanah suci sebanyak 902 orang. Hal tersebut dinyatakan langsung Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Grobogan Abdul Ro’uf. Menurutnya, jumlah tersebut dibagi menjadi tiga kloter yakni 73, 74, dan 75.

Dijelaskan Abdul Ro’uf, proses manasik haji untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Para jemaah haji mempraktikkan tata cara pelaksanaan ibadah haji. Panitia juga menyediakan replika ka’bah yang dipasang di tengah Alun-alun Purwodadi.

Di sela-sela kegiatan, pihaknya terus mengingatkan jemaah haji agar berkonsentrasi dalam mempersiapkan diri. Hal itu diperlukan agar jemaah dapat melaksanakan ibadah semaksimal mungkin.

’’Selama di tanah suci nanti harus lebih banyak ikhlas dan bersabar. Persiapan fisik dan mental harus disiapkan sedini mungkin itu perlu dilakukan agar tidak ada kendala,” ujar Abdul Ro’uf. (Agung-Mj)

Comments are closed.