Jaga Ibadah Kebaktian Minggu, Ini Pesan dari Mapolres Demak

DEMAK, Mediajateng.net – Polres Demak menyiapkan personelnya untuk mengamankan ibadah kebaktian minggu di gereja-gereja yang berada di wilayah Demak. Pengamanan ketat dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi umat nasrani yang melakukan ibadah di hari minggu.

“Ada 37 gereja dan 2 rumah ibadah di wilayah Demak, 4 di antaranya gereja besar yang berada di Kota Demak,” kata Kabag Ops Polres Demak Kompol Ahmadi, Jumat (13/7) saat apel pagi.

Ia mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi pengamanan gereja yang melakukan ibadah kebaktian minggu. Terorisme adalah salah satu isu yang harus diantisipasi, oleh karenanya kehadiran Polisi sangat di butuhkan masyarakat untuk memberikan rasa aman.

“Melihat kejadian di Surabaya, walau sudah di jaga polisi, namun teroris tidak takut. Setiap minggu kita adakan pengamanan gereja dengan senjata lengkap,” terangnya.

Ia menambahkan, pengamanan makin ditingkatkan tergahap gereja-gereja besar dengan jumlah jemaat besar, posisinya strategis, di pinggir jalan raya dan berdekatan dengan pusat keramaian.

“Di tengah keramaian akan sulit membedakan mana jemaat mana yang bukan. Jika ada jemaat yang membawa barang mencurigakan, harus diperiksa, polisi jangan underestimate, tetap harus diperiksa,” katanya.

Untuk pemeriksaan terhadap jemaat perempuan, kepolisian sudah menyiapkan polwan sebagai pemeriksa. Tentu, kata Ahmadi, pemeriksaan dan pengamanan dilakukan berdasarkan koordinasi dengan petugas keamanan gereja.

“Pengamanan gereja juga dilakukan di masing-masing Polsek, mengamankan siang malam,” tandasnya.