Kemenham Bagikan 10ribu Masker Untuk TNI dan Warga Rowosari

SEMARANG, mediajateng.net – Kantor Wilayah Kementrian Pertahanan (Kemenhan) RI Provinsi Jawa Tengah, Jumat (3/4) membagikan masker gratis kepada masyarakat dan prajurit TNI AD anggota Satgas TMMD Reguler Ke-107 Kodim BS Semarang di Kelurahan Rowosari Semarang.

10 Ribu masker yang disediakan tersebut merupakan hasil penggalangan dari kader Bela Negara binaan Kanwil Kemenhan Provinsi Jawa Tengah melaui Forum Bela Negara (FBN) Jawa Tengah dan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah.

“Masker tersebut dipesan dari dari para penjahit yang sepi order karena terdampak Darurat Corona. Oleh para kader bela negara mereka diberi kerjaan membuat masker agare tetap memperoleh pendapatan. Sedangkan masker tersebut dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, termasuk prajurit TNI AD yang sedang melaksanakan TMMD di Kelurahan Rowosari,” ujar Kakanwil Kemenhan RI Provinsi Jawa Tengah, Marsma TNI Latif Ainul Yakin SE MM, Jumat (3/4).

Latif berharap, pemberian masker secara gratis ini akan bermanfaat dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona yang kini sedang mewabah. Dengan marker dari kain, harapannya masyarakat bisa menggunakannya kembali setelah dicuci. Sehingga sangat ekonomis karena tidak pakai buang.

“Dengan menggunakan marker kain, maka masker medis yang beredar di masyarakat akan berkurang dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan medis. Hal ini juga untuk menguatkan himbauan Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, agar masyarakat bisa membuat dan menggunakan masker kain untuk mengatasi ketersediaan masker medic untuk petugas medis yang sedang menangani pasien Corona,” papar Latif Ainul Yakin.

Dandim 0733 BS Semarang Kol Kav Zubaedi SSos MM, terpisah menyampaikan terima kasih atas bantuan masker dari Kanwil Kemenhan RI Provinsi Jawa Tengah. “Bantuan masker sangat dibutuhkan prajurit dan masyarakat yang sedang melaksanakan program TMMD. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari potensi penularan virus Corona. Dengan bantuan masker ini, maka prajurit bisa melakukan penggantian secara rutin,” kata Kol Kav Zubaedi SSos MM. (50-MJ)