Jual Ekstrak Daun Ganja Warga Bergas Ditangkap

Semarang-mediajateng.net

Petugas Ditresnarkoba Polda Jateng berhasil menangkap pelaku pengedar Narkotika jenis ganja melalui media sosial Facebook berkedok sebuah komunitas bernama sahabat Herbal. Dalam menjalankan aksinya Septiandi Wibisono (31) Warga Bergas, Kabupaten Semarang ini membuat daun ganja menjadi ekstrak dan dijual dipasaran.

Dari keterangan Direktur Resese Narkoba (Diresnarkoba) Polda Jateng Kombes Krisno H Siregar mengatakan bahwa pelaku Septiandi Wibisono ini mengaku membeli kemasan ganja yang bertuliskan “ganjalah kesehatan” dari seorang kurir dari kota Jakarta sebanyak 800 gram dengan harga Rp.2 Juta.

” Ganja yang sudah dikemas berjumlah 300 gram itu oleh pelaku lalu dicampur etanol food grade 96% dan setelah diolah bisa menjadi 300 mili liter. Setiap 30 ml oleh Septiandi inilah yang dijual di komunitas sahabat herbal senilai Rp.750 ribu dalam bentuk kemasan botol,” ungkap Krisno saat press rilis Senin (17/4) di kantornya Jakan Dr Wahidin Semarang

Krisno menambahkan, dari pengakuan Septiandi saat penggerebakan petugas menemukan dua botol kemasan ganja yang sudah berbentuk cair, lantatan 8 botol lainya sudah laku dijual. Dari pengakuan pelalaku ini usaha ekstrak ganja ini sudah berjalan dua tahun.

Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova menyebutkan bahwa pelaku ini saat digerebek ,petugas juga mengamankan 3 senjata api jenis Barreta yang sudah dirakit, Revolver dan senapan angin beserta ratusan peuru dari beberapa kaliber masing masing 22mm, 35mm dan 9mm serta 4,5mm

” Dari pengakuan septiandi , senjata itu merupakan penitipan rekanya. Tapi kami tidak percaya begitu saja, karena pelaku ini merupakan residivis di solo dalam hal kepemilikan sabu,” ujar Djarod.

Selanjutnya pelaku ini dijerat dengan pasal 114 (1) UU no 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun dan subbsider pasal 111 (1) UU No.35 tahun 2009. Sedangkan untuk senjata apinya akan diaerahkan ke Ditkrimum untuk pemeriksaan lanjutan (MJ-303)