Ingin Jadikan Semarang Kota Metropolitan, Bambang Eko Purnomo Siap Berkompetisi Jadi Calon Wali Kota di Pilkada 2024

Media Jateng, – Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Jawa Tengah, Bambang Eko Purnomo, akhirnya menyatakan kesiapannya untuk berkompetisi dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2024.

Kesiapan itu kembali ditunjukkan oleh pria akrab disapa BEP itu, dengan mengembalikan formulir pendaftaran sebagai calon wali kota di Kantor DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan di Kantor DPD Partai Golkar Kota Semarang, Rabu (15/5/2024).

Saat tiba di kantor DPC PKB KOta Semarang Jalan Arteri Soekarno Hatta, BEP yang datang bersama dengan puluhan relawan ‘Sederek Mas BEP’ disambut oleh Ketua DPC PKB Kota Semarang, Muhammad Mahsun dan Ketua Desk Pilkada PKB Kota Semarang, Sodri beserta jajaran pimpinan.

“Pada prinsipnya kita siap bersaing dengan siapa pun dan semuanya teman, semuanya banyak yang kenal di Semarang ini dan biar masyarakat yang menentukan serta partai yang menilai,” katanya.

Ia mengatakan akan siap berjuang bersama meskipun tantangan yang akan dihadapi berat. Ia juga yakin dengan dukungan dari PKB bersama partai-partai lain dan masyarakat Kota Semarang, tujuannya akan dapat tercapai.

“Berkat dukungan bersama doa dari PKB, dari partai-partai yang lain juga dan dari masyarakat Semarang pada umumnya, mudah-mudah kita tetap maju. Dan karena slogan kami, sekali layar terkembang surut kita berpantang,” katanya dengan tegas.

BEP menyampaikan, ketertarikan mendaftar melalui PKB karena selama ini ia dekat dengan partai berlambang bumi tersebut. Selain itu juga, kultur dan tradisi NU yang mendekatkannya dengan PKB.

“Kebetulan di provinsi kami dekat dengan teman-teman PKB. Dan memang kultur kita ya kultur NU. Jadi memang seperti itu dan dekat dengan kami juga keluarga kami,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPC PKB Kota Semarang Muhammad Mahsun mengatakan, dengan pengembalian formulir dari BEP tersebut, sampai saat ini baru ada tiga calon mendaftar dari delapan orang yang mengambil formulir di PKB.

“Yang sudah mengembalikan baru tiga salah satunya Mas BEP yang daftar sebagai Walikota,” katanya.

Menurutnya, pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang melalui PKB masih dibuka untuk siapapun yang berniat maju dalam Pilwakot Semarang 2024.

“Masih ada waktu yang cukup longgar. Ini masih kita buka karena belum ada perintah untuk menutup,” katanya.

Daftar Calon Wali Kota di Golkar

Masih di hari yang sama, BEP juga mendatangi Kantor DPD Partai Golkar Kota Semarang di Jalan Veteran, Rabu (15/5/2024). Ia beserta para relawan disambut oleh Sekertaris DPD Partai Golkar Kota Semarang, Ulil Haq beserta jajaran pengurus.

Menurut Ulil Haq, BEP mendaftar sekaligus mengembalikan formulir bakal calon Walikota Semarang. BEP tercatat sebagai pendaftar yang keenam.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Mas BEP yang ikut mendaftar melalui Partai Golkar. Apalagi, Mas BEP dikenal sebagai Ketua Pemuda Pancasila Jawa Tengah. Tentunya kami sambut dengan tangan terbuka,” ujarnya kepada wartawan.

Ulil menambahkan, sampai saat ini sudah ada 6 pendaftar di Partai Golkar yang terdiri dari 3 pendaftar calon Walikota dan 3 orang pendaftar untuk calon Wakil Walikota Semarang.

Motivasi BEP Maju Walikota Semarang

Usai mengembalikan formulir di PKB dan Golkar, BEP kembali menyampaikan motivasi dirinya maju sebagai calon Wali Kota Semarang. Menurutnya, motivasi maju di Pilwakot 2024 karena ingin menjadikan Semarang sebagai kota metropolitan yang setara dengan kota-kota besar lainnya dan nyaman untuk ditinggali masyarakatnya.

“Visi kami itu ingin membuat Semarang menjadi kota metropolitan. Kalau misinya, kurangi pengangguran, haram hukumnya warga Semarang, yang ber-KTP Semarang itu kelaparan,” katanya didampingi para relawan yang berseragam kaos oranye bergambar foto Bambang Eko Purnomo.

Hal itu menurutnya didasarkan pada pengalaman hidupnya selama ini dimana mulai dari kecil sampai besar tinggal di Kota Semarang.

“Kami kecil besar semuanya tinggal di Semarang, asli Semarang, rumah saya di belakang Balai Kota. Kami makan di Semarang. Hidup Keluarga besar kami di Semarang, dan itu menjadi modal kami, bahwa kami juga ikut ingin membesarkan Kota Semarang,” ungkapnya.

BEP saat ini tercatat masih menjadi anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Demokrat. Sebelumnya, dukungan bagi BEP untuk maju sebagai calon wali kota Semarang sampai sekarang terus mengalir.

Sejumlah elemen masyakat, menginginkan agar pentolan Pemuda Pancasila Jawa Tengah itu maju sebagai calon Walikota Semarang. BEP dinilai layak dan cocok untuk memimpin Kota Semarang.

Selain berpengalaman sebagai legislator hampir 15 tahun, ia juga dikenal seorang organisatoris atau aktif berorganisasi. Jabatannya saat ini di Pemuda Pancasila cukup mentereng, yakni sebagai Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Tengah.

Dukungan nyata juga disampaikan oleh PAC Pemuda Pancasila Kota Semarang, ada juga dari ormas Brigade Nusantara (Brinus), komunitas pedagang mie-bakso dan kalangan pegiat seni-budaya, serta puluhan komunitas otomotif dan komunitas mancing di Kota Semarang.(ot/mj)