Fisik Pembangunan Kampung Bahari Capai 60%

Semarang,Mediajateng.net-Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Senin siang (16/1) didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Izwar Aminuddin dan Kepala Dinas Penataan Ruang, Agus Riyanto melakukan tinjauan pembangunan fisik konstruksi tanggul rob Kampung Bahari di kawasan Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara.

“Sampai dengan saat ini proyek fisik sudah mencapai 60% dari batas akhir kontrak Oktober 2017” ungkap Walikota. Hendi juga menyampaikan bahwa pembangunan Kampung Bahari terkendala pembebasan lahan 24 rumah warga yang proses pemberkasannya belum lengkap.

Meski demikian, pihaknya menargetkan akhir bulan ini, persoalan pembebasan lahan warga sudah clear, sehingga kontraktor pelaksana dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
Tidak hanya proyek pembangunan Kampung Bahari saja yang menjadi fokus perhatian, Walikota Semarang juga menargetkan perbaikan akses jalan menuju Kampung Bahari.

“Percuma kalau Kampung Baharinya bagus, namun akses jalannya rusak parah”, ujar Walikota.
Menanggapi keluhan Walikota, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Iswar Aminuddin menyatakan bahwa di tahun 2017 ini dinasnya telah menganggarkan perbaikan infrastruktur jalan menuju kampung bahari di kawasan Tambak Lorok senilai 2 miliar rupiah. Nantinya pekerjaan fisik akan dilakukan dengan betonisasi sepanjang 800 meter dan lebar 4 meter.

Usai meninjau pembangunan fisik Kampung Bahari, Hendrar Prihadi di bawah guyuran hujan menyambangi warga Perumahan Dinar Indah, Meteseh Tembalang yang mengalami musibah banjir bandang. “Banjir bandang ini diakibatkan oleh meluapnya Kali Pengkol”, jelas Hendi.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya akan segera meninggikan tanggul sungai 0,5 sampai 1 meter. Dengan harapan, warga Perumahan Dinar Indah ke depannya tidak akan merasa khawatir akan terjadinya banjir susulan.

“Kami juga memerintahkan BPBD, Pak Lurah dan pak Camat untuk memberikan bantuan support kepada warga yang terkena musibah”, pungkas Hendi.(MJ-070)
 

Comments are closed.