Di Grobogan, Tanpa Antre KK dan E-KTP Bisa Tiba Di Rumah

GROBOGAN, Mediajateng.net – Dalam rangka memaksimalkan layanan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) menggandeng PT Pos Indonesia cabang Purwodadi.

KaDispendukcapil, Moh Susilo menjelaskan bahwa kerjasama yang dimaksud berupa pengiriman KK, KTP, dan akte kelahiran pemohon melalui jasa Pos. Kerjasama ini merupakan alternatif bagi para pemohon yang tidak sempat mengantre dalam pembuatan dokumen penting ini.

“Ini sifatnya hanya pilihan saja dan tidak ada paksaan. Ongkos kirimnya nanti kami bebankan langsung pada pemohon. Tarifnya pun flat Rp 7.500 ke seluruh wilayah Kabupaten Grobogan,” papar Susilo, Rabu (21/2).

Bagi pemohon yang memilih alternatif ini dalam waktu 1 x 24 jam KK, KTP dan akte kelahiran dikirimkan langsung ke alamat pemohon. Di sana, petugas PT Pos Purwodadi dengan sigap akan melayani para pemohon. Mereka pun sudah menyosialisasikan program ini dengan pemasangan banner dan pembagian pamflet kepada masyarakat. 

Sementaraongkos kirim tersebut memang dibebankan langsung oleh pemohon. Pihak Dispendukcapil tidak menganggarkan dana terkait kerja sama ini.

“Pembayarannya nanti langsung dilakukan ketika dokumen yang bersangkutan telah sampai di alamat domisili pemohon,” jelasnya.

Sementara itu, kepala PT Pos Purwodadi mengatakan, kerja sama antara Dispendukcapil dengan PT Pos ini tidak hanya di Kabupaten Grobogan. Secara detail ia menjelaskan, Dispendukcapil Purworejo juga telah melakukan kerjasama serupa dengan PT Pos Indonesia.

“Selain mengembangkan bisnis pengiriman, kami juga membantu masyarakat agar lebih mudah mengurus dokumen. Kami siap melayani masyarakat seluruh Kabupaten Grobogan dengan ongkos kirim Rp 7500. Dan kami minta kepada pemohon agar menuliskan alamat domisili dengan benar,” kata Sri Haryatmo.

Comments are closed.