Demo di Semarang, Massa Tandatangani Petisi Pengusutan Ahok

SEMARANG, Mediajateng.net – Ribuan massa gabungan beberapa elemen Ormas Islam maupun organisasi mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolda Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (4/11).

Demo ini dilakukan terkait peryataan Gubernur Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) soal Surat Al Maidah ayat 51.

Sejumlah organisasi, diantaranya HMI, KAMMI, PII dan organisasi masyarakat Muslim lainnya. Aksi ini diawali sari depan Masjid Baiturrahman Simanglima, dilanjutkan long march menuju ke Mapolda Jawa Tengah. Beberapa spanduk berisi kecaman terhadap Ahok  dibentangkan para demonstran.

Kabid Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI Cabang Semarang, Mursalin Ishak dalam orasinya menuntut pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

“Ini aksi damai, kita perlu hindari adanya perpecahan NKRI. Tapi kasus yang menimpa Ahok tetap kita kawal. Sesuai hukum kita, semua warga negara sama di depan hukum. Kita akan sampaikan tuntukan kepada Gubernur Jakarta. Indonesia sebagai negara majemuk, apa yang disampaikan Ahok tidak patut,” kata dia.

Di tengah kegiatan, salah seorang orator membacakan sebuah petisi yang  berisi sejumlah poin, diantaranya permintaan kepada penegak hukum khususnya polisi untuk memproses serta mengusut tuntas dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

Massa akhirnya membubarkan diri, setelah petisi tersebut ditandatangani langsung oleh Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji. (MJ-303)

Comments are closed.