Berseberangan dengan Mendagri, Ketua DPRD Jateng: Perekaman Data eKTP Beres Tahun Ini!

SEMARANG, Mediajateng.net – Pemaparan batas akhir perekaman data eKTP pertengahan 2017 yang disampaikan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo mendapat pertentangan dari Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi.
Rukma Setyabudi, yang juga politisi Partai Indonesia Demokrasi Perjuangan mengemukakan bahwa akhir 2016 ini mestinya perekaman data eKTP sudah harus selesai. “eKTP menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat karena semua pengurusan, terutama hal adminstratif, membutuhkan KTP. Termasuk ikut pencoblosan Pilkada 2017 mendatang,” tegas dia.
Khususnya di Jawa Tengah, Rukma optimistis, tahun ini semua warga bisa melakukan perekaman. “Tidak usah mundur. Apa yang kurang? Kalau soal blangko yang kurang kan bisa langsung dicetak, tidak usah diundur,” tegas dia.
Senada dengan Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng, Wika Bintang menegaskan bahwa perekaman data eKTP harus sudah selesai akhir November. Target itu sudah disepakati seluruh kepala Dukcapil di seluruh kabupaten/kota di Jateng. “Kami sudah rembugan dan sepakat akhir November, perekaman sudah diselesaikan semua,” kata dia.
Wika pun mengimbau kepada seluruh warga Jateng untuk segera melakukan perekaman. Meski warga belum diberi eKTP karena stok blangko sangat terbatas, tapi fungsi eKTP sudah bisa dirasakan. Jika mengurus adminstrasi, seperti di perbankan, pelayanan kesehatan, mendaftar BJPS, dan lain sebagainya, cukup menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK). “Pemerintah pusat akan memberikan surat edaran kepada seluruh instansi dan pelayanan masyarakat, bahwa menunjukkan NIK sudah cukup, tidak perlu eKTP. Ini berlaku bagi yang masih memegang suket (surat keterangan sudah melakukan perekaman),” bebernya.
Wika juga menyampaikan hingga saat ini belum ada daerah yang telah melakukan perekaman 100 persen. Hanya Kota Magelang yang hampir tuntas. Sementara daerah yang paling banyak belum melakukan perekaman adalah Cilacap, Brebes dan Pemalang.(MJ-058)

Comments are closed.