Bantu Penanganan Covid-19, Pegadaian Salurkan Bantuan Hingga Rp 695,5 Juta

Semarang, Mediajateng.net, – PT Pegadaian Kanwil XI Semarang kembali menyalurkan bantuan untuk mendukung penanggulangan dampak pandemi virus corona atau covid-19. Dukungan dan bantuan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan masyarakat untuk meringankan beban, terutama dampak secara ekonomi.

Hingga kini, PT Pegadaian Kanwil XI Semarang melalui program BUMN Hadir untuk Indonesia telah menyalurkan bantuan hingga Rp 695,5 juta. Jumlah tersebut masih akan bertambah mengingat pandemi covid-19 belum berakhir.

Menurut EVP PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Mulyono, bantuan yang disalurkan berupa alat pelindung diri (APD), masker, disinfektan, alat kesehatan dan vitamin. Bantuan langsung juga diberikan dalam bentuk sembako kepada masyarakat yang terdampak.

“Seluruh bantuan disalurkan ke rumah sakit yang ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Seperti kita tahu akibat virus corona berdampak pada semua sendi di masyarakat terutama dari sisi perekonomian. Maka Pegadaian sebagai BUMN, hadir untuk Indonesia membantu meringankan beban masyarakat,” kata Mulyono kepada mediajateng.net, Kamis (23/4/2020).

Ia menuturkan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk dukungan dalam penanganan wabah virus corona atau covid-19 di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pihaknya berharap masyarakat lebih disiplin, terbiasa hidup sehat dan menaati peraturan SOP pencegahan covid-19 di lingkungan masing-masing.

Perihal bantuan yang disalurkan ke sejumlah rumah sakit, Mulyono menjelaskan, di antaranya RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Wonogiri dan beberapa RS di Yogyakarta.

Sementara untuk bantuan sembako, diberikan kepada masyarakat di lingkungan sekitar outlet Pegadaian yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dari data yang ada, bantuan sembako yang diberikan lebih dari Rp 500 juta.

“Bantuan ini merupakan kegiatan CSR dari Pegadaian konvensional maupun syariah, yang bahu membahu sesuai program CSR kantor pusat dengan menyalurkan beberapa bantuan di saat pandemi corona,” jelasnya.

Selain menyalurkan bantuan APD dan sembako, PT Pegadaian Kanwil XI juga tergabung dalam posko Satgas Covid-19 dari seluruh BUMN. Untuk wilayah Jawa Tengah, pusat posko berada di Hotel Pesonna Semarang, yang merupakan anak usaha dari PT Pegadaian.

“Kami juga ada posko Satgas Covid-19 di Kabupaten Kendal dan Brebes. Data di posko juga terkoneksi dengan data di kabupaten dan provinsi. Sehingga dari data itu, bisa terlihat daerah mana yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mulyono menambahkan, untuk pencegahan penyebaran virus corona pada pegawai, PT Pegadaian telah menerapkan SOP penanggulangan dan pencegahan. Hal itu berlaku bagi seluruh pegawai, tak terkecuali bagian pelayanan di setiap outlet.

“Kami juga memberikan tambahan makan siang kepada seluruh karyawan Rp 30 ribu tiap hari dan Rp 750 ribu untuk imunitas, yang dihitung berdasarkan kehadiran pegawai,” tandasnya. (ot/mj)