Balas Dengan Hasil Bumi, Dandim Minta Tetap Jaga Silaturahmi

SEMARANG, Mediajateng.net– Suasana haru menghiasi detik-detik penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-107 Kodim 0733 BS Semarang di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang, Selasa (14/4), kemarin.

Dandim 0733 BS Semarang Kol Kav Zubaedi tak mengira mendapat sambutan hangat dari warga saat meresmikan jalan beton yang menghubungkan wilayah Rowosari-Meteseh. Jalan baru tersebut dibangun Satgas TMMD Kodim 0733 BS Semarang dibantu Yonif Raider 400/BR, Yon Arhanud 15 Semarang, Penerbad serta Lanal Semarang bersama masyarakat setempat.

Setelah pita digunting menandai resmi jalan beton bisa digunakan masyarakat, tiba-tiba muncul warga membawa aneka hasil bumi diantaranya pisang, ketela serta buah-buahan lainnya untuk diberikan kepada Dandim 0733 BS Semarang. Pemberian tersebut diluar dugaan diserahkan Dandim langsung. Lurah Rowosari, Surata, menandaskan bahwa pemberian warga tersebut sebagai wujud syukur dan terima kasih atas kiprah Kodim 0733 BS Semarang berperan serta membangun wilayah Rowosari melalui program TMMD Reguler Ke-107.

“Kami atas nama pemerintahan desa Rowosari hanya bisa menyampaikan terima kasih atas peran TNI yang dalam kondisi keprihatinan yakni adanya wabah Corona. Tetapi masih terus bekerja membangun wilayah ini hingga sarana dan prasarana yang ada lebih baik. Tanpa adanya, para tentara melalui TMMD, tentu Rowosari tidak akan terlihat seperti ini. Memiliki jalan tembus yang menghubungkan dengan Meteseh, punya jalan paving serta aspal. Selain itu juga memiliki talud dan saluran yang berfungsi mengantisipasi banjir,” ungkap Surata.

Kol Kav Zubaedi mengaku sangat senang bisa menggelar TMMD di Rowosari. Selain karena masyarakatnya terbuka dengan kedatangan Satgas TMMD, juga nilai partisipasinya sangat tinggi.

“Kemanunggalan TNI-Rakyat tercermin dalam keseharian kegiatan TMMD selama hampir sebulan. Prajurit kami tinggal bersama warga dalam rumah warga pula. Makan dan tidur setiap hari dengan masyarakat, sehingga terjalin ikatan seperti keluarga.”

“Maka ketika ada warga yang merasa kehilangan setelah selesainya penugasan TMMD, kami pun juga merasakan hal yang sama. Karena itu, saya minta agar silaturahmi tetap dijaga. Suatu saat kami akan tetap ingin mengunjungi Rowosari, demikian pula silahkan warga datang ke Kodim 0733 BS Semarang, kami sangat terbuka sekali,” ungkap Zubaedi. (50/mj).