Ringankan Beban Dampak COVID-19, Polda Jateng Gandeng Eks Napi Bagi-Bagi Sembako di Boyolali

Boyolali, Mediajateng, – Polda Jawa Tengah bersama eks napi kembali menggelar bakti sosial bertajuk ‘Peduli Sosial Pembagian Sembako’ di Boyolali, Kamis (16/4/2020).

Kali ini kegiatan di gelar di Boyolali dengan fokus penyaluran di Polsek Boyolali. Sembako yang berisi beras 200 kg dan mie instant 40 dus dibagikan untuk warga sekitar polsek dan eks napi.

Menurut Koordinator Kegiatan, AKP Misran, aksi peduli sosial ini merupakan bentuk kepedualian kepada sesama ditengah wabah Covid-19.

“Aksi ini untuk meringankan beban warga dan eks napi ditengah kondisi sulit ini,” katanya.

Lebih lanjut, AKP Misran yang juga menjabat sebagai Kanit 2 Subdit IV Ditintelkam Polda Jateng itu mengungkapkan, pembagian tidak dilakukan di satu tempat saja, melainkan tim dari peduli sosial berkeliling dari pintu ke pintu rumah warga.

“Pembagian kami keliling dari pintu ke pintu untuk memberikan langsung paket sembako ini kepada warga yang membutuhkan,” ungkapnya.

AKP Misran menambahkan, bahwa pembagian paket sembako ini sangatlah penting. Hal ini mengingat, dampak dari wabah Covid-19 ini bukan hanya berdampak sosial saja, melainkan juga menghantam sektor ekonomi.

“Banyak yang dirumahkan, banyak yang merasa kesulitan mencari nafkah karena wabah ini. Sehingga, paling tidak paket sembako ini dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari,” tandasnya.

Selain pembagian paket sembako, tim peduli sosial juga menyampaikan himbauan kepada para eks napi dan warga sekitar untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona.

“Kami himbau untuk tetap didalam rumah. kecuali ada urusan yang sangat penting. Kemudian kami juga minta untuk warga tidak berkerumun, selalu menjaga jarak, biasakan mencuci tangan dengan sabun, berjemur selama 15 menit antara jam 08.00 pagi sampai jam 10.00 siang dan selalu rajin berolahraga,” ujarnya.

Ia juga meminta eks napi dan warga sekitar untuk menjaga stamina dengan makan dan minuman yang bergizi. Dan yang lebih penting lagi kata dia, adalah Ikut serta menjaga situasi kamtibmas di wilayah Jawa Tengah agar tetap aman dan kondusif, termasuk wajib pemakaian masker apabila keluar rumah.

“Tetap jaga imunitas tubuh ditengah wabah ini, sehingga tidak mudah untuk tertular. Patuhi anjuran dari pemerintah untuk tetap tinggal dirumah, jika memang terpaksa keluar rumah, harus mengenakan masker dan selalu membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan,” tambahnya. (ot/mj)