BPR Bank Pasar Buka Kantor Pelayanan Kas

2020, BPR Bank Pasar Optimis Capai Target Meski Ada Covid-19

Semarang, mediajateng.net, – Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Pasar Kota Semarang mencatat pencapaian kinerja yang terus mengalami peningkatan. Meski masih terjadi pandemi Covid-19, hingga Agustus 2020 perolehan target sudah mencapai 95%. Demikian disampaikan Dirut Perumda BPR Bank Pasar Agus Puji K, saat ditemui mediajateng di kantornya, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, sejumlah indikator yang menyumbang dalam pencapaian target diantaranya pertumbuhan aset, perolehan dana pihak ketiga, penyaluran kredit, laba dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ia merinci, target di tahun 2020 untuk aset sebesar Rp68,5 miliar, sampai dengan bulan Agustus sudah tercapai Rp65,4 miliar (95%).

Lalu dana pihak ketiga ditargetkan Rp46,6 miliar, baru terealisasi Rp44,6 miliar (97%) sedangkan untuk penyaluran kredit sudah tercapai Rp49,6 miliar (95%) dari target Rp52 miliar dan perolehan laba Rp1,6 miliar (77%) dari target 2,1 miliar. Sementara itu untuk PAD dari target Rp1,1 miliar baru terealisasi Rp901 juta (77%).

“Dengan pencapain tersebut, kami optimis bisa mencapai target ditahun ini,bahkan bisa melebihi target seperti di tahun 2019 yang terpenuhi 100% secara menyeluruh (overall). Apabila dibandingkan target tahun lalu, yang mencapai Rp58 miliar, ada kenaikan 11% dari total target tahun ini, yang mencapai Rp68 miliar,” bebernya.

Buka Kantor Pelayanan Kas di Pasar Tradisional

Agus Puji K menambahkan, sejumlah upaya terus dilakukan guna mencapai target kinerja diantaranya telah membuka dua kantor pelayanan kas di Pasar Bulu dan Pasar Pedurungan, melakukan promosi diberbagai media massa maupun media sosial, menambah tenaga pemasaran, dan juga melakukan penawaran secara langsung maupun lewat surat kepada calon nasabah.

Guna menambah nasabah kalangan pedagang, BPR Bank Pasar Kota Semarang membuka kantor pelayanan kas di Pasar Pedurungan, baru-baru ini.

“Kita juga aktif promosi lewat website dan media sosial resmi milik BPR Bank Pasar Kota Semarang. Bahkan dua bulan lalu kami lakukan undian dengan hadiah utama dua mobil sebagai bentuk apresisasi kepada para nasabah,” katanya.

Untuk saat ini, ia menjelaskan, sebagian besar nasabah dari kalangan ASN dan umum, sisanya nasabah dari pedagang pasar Dengan telah dibukanya dua kantor pelayanan kas di dua pasar tradisional, diharapkan bisa menambah jumlah nasabah dari kalangan pedagang pasar.

“Sebagaimana harapan Wali Kota Semarang dan DPRD Kota Semarang, BPR Bank Pasar harus mampu membantu permodalan para pedagang pasar dan kalangan UMKM sehingga perekonomian mereka terus tumbuh,” pungkasnya. (ot/mj)