Atasi Pengangguran Pemdes Klampok Adakan Budidaya Tanaman Pepaya California

Banjarnegara, mediajateng.net – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat desa, Pemerintah Desa Klampok mengadakan kegiatan budidaya tanaman Pepaya California.

Kegiatan yang merupakan realisasi dari Permendes No. 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa dari sektor PKTD tersebut kemudian diterapkan sebagai sarana mengatasi pengangguran yang ada di Desa Klampok.

“Sesuai Permendes No. 13 Tahun 2020, sasaran yang dituju memang warga yang masih menganggur, terutama di masa pandemik seperti sekarang ini. Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan warga yang ikut dalam program tersebut” Ujar Davis Adityas, SE, Sekretaris Desa Klampok.

Dengan lahan seluas 4.900 meter persegi, sebanyak 22 orang yang terdaftar sebagai pekerja mulai menanam pohon Pepaya California pada Jumat, 17 September 2021.

Tanaman Pepaya California dengan ukuran sekitar 20 cm ditanam dengan teknik penanaman bedeng dengan jarak tanam sekitar 2 meter, sehingga lahan seluas 4.900 meter persegi tersebut bisa menampung sebanyak 700 pohon.

Pemilihan pohon Pepaya California yang dibudidayakan di lahan tersebut merupakan ide dari Kepala Desa Klampok, Agus Supriyono.

Diharapkan, dalam kurun waktu tidak lebih dari 6 bulan, pohon Pepaya California yang ditanam oleh warga sudah bisa dipanen untuk dijual.

“Ini merupakan kali pertama kegiatan budidaya penanaman Pepaya California. Kami berharap program ini bisa berjalan dengan lancar. Untuk panen pertama, kami akan menjualnya kepada tengkulak. Ke depannya mungkin kami akan mencari kemitraan pengelolaan hasil budidaya” Jelas Davis Adityas, SE, Sekretaris Desa Klampok mengakhiri perbincangan. (MJ/50)