SIAP OM, Bikin Dokumen Kependudukan di Demak Lebih Mudah

Demak,mediajateng.net – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dindukcapil ) Kabupaten Demak melakukan sosialisasi Dukcapil Demak Go Digital, Rabu (22/9/2021)
Acara sosialisasi SIAP OM (Sistem Aplikasi Online Mandiri) yang berlangsung di Reinz Cafe Demak itu, dibuka langsung oleh Bupati Demak dr. Eisti’anah.
Hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Kemenag Kabupaten Demak,Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah II dan Kepala SMA,SMK dan MA Kabupaten Demak.
Plt Dindukcapil Kabupaten Demak Eni Susiani menyatakan bahwa Dukcapil Demak Go Digital merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk mempermudah dalam pengurusan administrasi seperti KTP, KK, surat pindah dan lain sebagainya.
“Kita ingin mengajak masyarakat taat admistrasi, melalui Dukcapil Demak Go Digital,” kata Eni.
Dalam sosialisasi itu, Kasi Kerjasama dan Inovasi Dukcapil Demak Luthfiana Nugrahaningtyas menjelaskan langkah langkah dalam menggunakan aplikasi SIAP OM untuk mengurus KTP dan KK. Dia juga mempraktekan kepada tamu undangan cara mengurus KTP yang rusak dan cara melakukan perbaikan di aplikassi SIAP OM.
Luthfiana mengatakan, program sosialisasi Dukcapil Demak Go Digital melalui SIAP OM yang sasarannya para pelajar SMA dan SMK sederajat akan dilakukan dalam bentuk webiner zoom.
“Harapannya, para siswa nantinya dapat mengurus administrasi kependudukan sendiri dengan online yang mudah, praktis dan bisa dimana saja dan kapan saja,” kata Luthfiana.
Luthfiana berharap para siswa bisa menjadi agen edukasi di lingkungan keluarganya, khususnya untuk bisa mensosialisasikan SIAP OM untuk mengurus administrasi kependudukan.
“Mereka (siswa) adalah generasi masa depan, agen perubahan sekaligus penyambung lidah informasi,” ujar Luthfiana.
Bupati Demak Eisti’anah mengapresiasi program SIAP OM agar masyarakat Demak semakin taat administrasi kependudukan.
Menurutnya, saat ini semuanya serba online atau digitalisasi,karena itu pelayanan administrasi kependudukan secara online ini mempermudah pelayanan kepada masyarakat, efektif dan efisien sehingga menghilangkan praktik percaloan guna menciptakan pemerintahan yang good govermen menuju Demak Maju, bermartabat dan sejahtera.
“Ini terobosan bagus, mempemudah pelayanan. Kalau dulu mengurus administrasi kependudukan di Dukcapil Demak padat antrian, sekarang semua bisa diurus dengan online dan mudah,” kata Mbak Esti sapaan akrabnya. (MJ/60)