8 Ribu Paket Sembako Kemensos Untuk Warga Semarang Terdampak Covid-19

Semarang, mediajateng.net, – Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyalurkan 8 ribu paket sembako berisi beras, minyak, sarden dan mie instan kepada warga terdampak Covid-19 di Kota Semarang.

Secara simbolis bantuan diberikan Direktur K2KRS Direktirat Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Joko Irianto kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi disaksikan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. Hadir juga Kepala Dinsos dan seluruh camat se-kota Semarang.

Menurut Direktur K2KRS Direktirat Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, Joko Irianto, bantuan yang disalurkan ini merupakan program regular Kemensos RI bagi warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan dari pemerintah.

“Sesuai dengan perintah dari Pak Menteri Sosial Juliari P Batubara, bantuan ini adalah bansos regular yang disalurkan di beberapa daerah diluar Jabodetabek, salah satunya Kota Semarang yang mendapat kuota 3.000 bantuan paket sembako, dan Insyallah minggu depan akan ditambah 5.000 paket sembako,” katanya di Kantor Wali Kota Semarang, Sabtu (19/9/2020)

Menurutnya, selain bantuan BST dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat, Kemensos juga memberi bantuan program reguler yang bertujuan untuk menyisir warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan pemerintah.

“Harapan kami bantuan yang disalaurkan bisa meringankan beban masyarakat, termasuk di Kota Semarang yang terkena dampak Covid-19. Mari sama-sama mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai covid-19,” harapnya.

Selain bantuan 3.000 paket sembako di Kota Semarang, lanjut Joko, Kemensos juga menyalurkan di 1.000 paket sembako untuk Kota Solo dan 2.000 paket sembako untuk Kabupaten Klaten.

Selanjutnya sebanyak 500 paket sembako untuk Kabupaten Sragen dan Yogjakarta sebanyak 500 paket sembako reguler.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Kementerian Sosial RI. Untuk selanjutnya, paket sembako tersebut akan didistribuskan untuk warga yang benar-benar terdampak covid-19 di 16 Kecamatan.

“Akan kita distribusikan secara merata ke warga Kota Semarang di 16 kecamatan ini. Saya pastikan bantuan akan tepat sasaran yakni kepada warga yang benar-benar membutuhkan,” tambahnya. (ot/mj)