Satgas PEN Puji Kinerja Kemensos Dalam Penangangan Covid-19

Satgas PEN Puji Kinerja Kemensos

Semarang, mediajateng.net, – Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin memuji kinerja Kementrian Sosial (Kemensos) dalam upaya pemulihan ekonomi nasional melalui penyaluran progam Bantuan Sosial Tunai (BST) selama pandemi Covid-19. Kemensos pun dianggap paling cepat menyalurkan anggaran sebelum akhir tahun anggaran habis.

“Saya berterima kasih sekali kepada Pak Mensos, karena kementrian sosial sudah hampir pasti terserap 100 persen, malah mungkin bisa jadi paling cepat dan pertama menyerap angaran yang dialokasikan Rp 128,8 triliun,” kata Budi saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/11).

Menurut dia, Kemensos merupakan salah satu kementrian yang mengalokasikan anggaran yang cukup besar dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Bantuan yang disampaikan kepada masyarakat dapat mendukung pemulihan ekonomi selama masa pandemi,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial Juliari Batubara mengakui apabila pihaknya memang tancap gas dalam menyalurkan bantuan untuk membantu masyarakat serta mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Misalnya penyaluran BST akan dilanjut tahun depan, untuk yang bansos tunai saat ini memang masih kita anggarkan untuk Januari sampai Juni saja,” ujar Juliari.

Juliari Batubara mengatakan, penyaluran bansos tunai saat ini masih berjalan hingga Desember 2020 nanti. Dari total anggaran Rp 32,4 triliun, realisasi penyaluran program bansos tunai ini telah mencapai Rp 25,86 triliun atau sebesar 79,80 persen.

“Penyaluran program ini akan segera memenuhi target hingga 100 persen,” tambahnya. (ot/mj)