KPU Grobogan Perpanjang Pendaftaran Paslon Bupati dan Wakil Bupati

GROBOGAN, mediajateng.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Grobogan mengadakan sosialisasi perpanjangan pendaftaran bupati dan wakil bupati Grobogan, Selasa (8/9/2020).  Kegiatan tersebut dilaksanakan Ketua KPU Grobogan, Agung Sutopo bersama dua komisioner, yakni Suwiknyo dan M. Machruz.

Selain itu, perwakilan 16 partai di Kabupaten Grobogan diundang dalam rangka memberikan pengumuman terkait perpanjangan pendaftaran paslon bupati-wakil bupati Grobogan.

“Hari ini, kami menyelenggarakan sosialisasi. Yang pertama soal penundaan tahapan pencalonan bupati-wakil bupati Grobogan 2020. Sesuai regulasi bahwa pada saat masa pendaftaran hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, maka KPU melakukan penundaan tahapan pencalonan. Kedua, kami mengadakan sosialisasi dengan menggandeng partai politik tentang perpanjangan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Grobogan 2020,” ujar Suwiknyo, narasumber dalam sosialisasi tersebut.

Menurut pria yang menjabat sebagai komisioner divisi teknis penyelenggaraan ketika masa pendaftaran hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar, KPU Grobogan melakukan tahapan penundaan dan dilakukan sosialisasi perpanjangan pendaftaran dengan harapan di masa perpanjangan tersebut, ada pasangan calon lain yang mendaftar.

“Harapan KPU dengan masa perpanjangan pendaftaran pasangan calon ini ada pasangan calon yang mendaftar dan bisa bersama-sama dengan paslon lainnya berkompetisi sebagai peserta dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan 2020,” jelas Suwiknyo.


Diakui Wiknyo, sapaan akrabnya, sesuai dengan prinsip demokrasi, kompetisi pemilihan kepala daerah harus ada beberapa pasangan calonnya. Namun, jika nanti pada masa perpanjangan pendaftaran paslon jumlahnya masih tetap satu paslon sebagai pendaftar pertama, maka KPU yang wilayahnya melaksanakan penundaan akan membuat keputusan untuk menetapkan satu paslon.

“Ketika saat masa perpanjangan ini masih tetap jumlahnya dengan masa pendaftarannya nanti, maka sesuai dengan regulasi perundang-undangan, KPU kabupaten membuat keputusan untuk menetapkan satu pasangan calon,” tambahnya.

Adanya penundaan juga berpengaruh pada tahapan-tahapan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, seperti pemeriksaan kesehatan paslon. Untuk Kabupaten Grobogan nanti dijadwalkan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2020.

“Sosialisasi ini kita lakukan selama tiga hari, dari tanggal 8-10 September. Bentuk sosialisasi kita juga lakukan media sosial dan media cetak sampai tiga hari berturut-turut. Kalau hari ini kita sosialisasikan langsung ke perwakilan partai politik,” tutupnya. (Ag-MJ)