1150 Personel Siaga Amankan Pilkades Esok

Grobogan, Mediajateng.net – Sebanyak 1150 personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) 2018 se Kabupaten Grobogan. Rabu (21/11/2018), para personel tersebut mengikuti Gelar Pasuka di Halaman Setda Grobogan, Jalan Gatot Subroto Purwodadi.

Ribuan personel yang diturunkan dalam pengamanan Pilkades Serentak ini merupakan gabungan dari Polres Grobogan dibantu Polda Jateng, Polres Pati, Polres Kudus, Polres Blora dan Polres Demak. Sementara untuk pasukan TNI dibant 43 personel Kodim 0717/Purwodadi dan 272 personel Batalyon Inf 410 Alugoro Blora.

Dalam gelar pasukan tersebut, Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq mengatakan, para personel nantinya akan diturunkan di tiap TPS Pilkades. Dengan kehadiran para petugas ini nantinya dapat membawa rasa aman bagi masyarakat desa setempat.

“Kami ingin memberikan jaminan rasa aman kepada setiap masyarakat. Dengan perasaan aman, nyaman, bebas dari tekanan dan rasa takut dari ancaman pihak manapun,” kata AKBP Choiron usai gelar pasukan.

Dikatakannya, tujuan dari Apel Gelar Pasukan ini yaitu untuk mengetahui kesiapan para pasukan yang akan diterjunkan dalam Pilkades serentak ini.

“Kegiatan ini juga dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Grobogan Kompol Sigit Ari mengatakan, penempatan personel nantinya sesuai dengan kondisi masing-masing desa. Dari data yang tercantum, kata dia, ada 111 desa yang masuk dalam kategori aman. Sementara, 89 desa masuk dalam kategori rawan I dan 22 desa dalam kategori rawan II.

“Jumlah personel yang kami tempatkan tergantung pada kebutuhan masing-masing dan tingkat kerawanan. Untuk kategori desa aman, ada dua sampai lima personel yang mengamankan. Untuk rawan I jumlahnya 5-7 personel. Sementara untuk rawan II antara 7-10 personel yang akan kami tempatkan,” kata Kompol Sigit Ari.

Terpisah, Plt Kabag Pemdes Daru Wisakti mengatakan, Pilkades serentak dilakukan di 222 desa se Kabupaten Grobogan. Untuk 51 desa yang tersisa nantinya akan digelar pada tahun 2019 mendatang. (Ag-Mj)