Warga SD NU Master Sokaraja Peringati Hari Pahlawan

Banyumas, mediajateng.net – Penanaman nilai juang pahlawan perlu diberikan kepada peserta didik sejak dini. Nilai juang pahlawan menjadi inspirasi bagi generasi bangsa untuk bekal berkontribusi mengisi kemerdekaan di masa depan.

Hal itu disampaikan Kepala SD NU Master Sokaraja, Dani Sistriani, S.Pd dalam peringatan Hari Pahlawan di Halaman Sekolah setempat, Rabu (10/11/2021).

Dani menegaskan tujuan peringatan hari pahlawan sebagai refleksi sejarah perjuangan masa lalu. Pejuang bangsa ini telah bersusah payah untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Peserta didik diajak merefleksikan hari pahlawan untuk mengenang jasa dan perjuangannya mempertahankan kemerdekaan. Nilai juang pahlawan perlu menjadi inspirasi dan motivasi peserta didik untuk terus mengisi kemerdekaan dengan berbagai prestasi,” terangnya.

Hasan Fauzi, S.Pd, Waka Bidang Humas SD NU Master Sokaraja menyampaikan dalam memeriahkan peringatan ini dikenalkan kostum atau seragam dari berbagai macam profesi di masyarakat. Kostum dikenakan oleh siswa dan guru dalam barisan upacara sebagai motivasi cita cita kelak saat siswa dewasa.

“Siswa dan guru berbusana dengan berbagai macam profesi untuk mengenalkan dan menginpirasi siswa. Termasuk merefleksikan kepada siswa tentang jasa orang tua yang telah bekerja sesuai dengan profesinya untuk membiayai pendidikannya,” pungkas Hasan. (MJ/50)