UMKM Jadi Prioritas Program Kerja Hipmi Kota Semarang

Semarang, mediajateng.net, – Pengurus BPC Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Kota Semarang periode 2021 – 2024 kepemimpinan Tristan Panolan resmi dilantik, Sabtu (25/9/2021).

Bertempat di Gedung Moch Ikhsan Kompleks Balaikota Semarang Jalan Pemuda, acara pelantikan dilakukan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hadir di acara tersebut, Walikota Semarang Hendra Prihadi, Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman, Ketua Umum BPC Hipmi Jawa Tengah Billy Dahlan dan tamu undangan lainnya.

Walikota Semarang dalam sambutannya menyampaikan Hipmi Kota Semarang harus mempunyai program yang konkret dan segera direalisasikan.

“Saya harap Hipmi jangan jadi slogan saja. Slogannya khan ‘Sabahat UMKM’. Maka dari itu saya menekankan agar UMKM harus jadi prioritas program kerja Hipmi,” ujarnya dalam sambutan.

Selain itu, Walikota Semarang juga menekankan agar Hipmi bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang.

“Seperti bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UMKM yang mempunyai program bantuan dan pelatihan. Saya harap temen-temen Hipmi yang muda dan kreatif bisa memanfaatkan program yang ada di dinas terkait,” katanya menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BPC Hipmi Jawa Tengah, Billy Dahlan menyampaikan, pengusaha harus bisa beradaptasi di segala kondisi apalagi di masa pandemi sekarang ini.

Di era digital marketing ini kata dia, justru bisa menciptakan peluang usaha baru asalkan mau kreatif dan inovatif.

“Saya berpesan kepada temen-temen yang baru dilantik, dengan gabung di Hipmi akan banyak manfaat yaitu jaringan. Karena jadi pengusaha bukan semata-mata modal tapi jaringanlah yang menentukan,” pesannya dalam sambutan.

Usai acara, Ketua Hipmi Kota Semarang, Tristan Panolan mengatakan sesuai dengan arahan Walikota Semarang bahwa UMKM menjadi prioritas program kerja organisasinya.

“Memang segmen yang kami bidik adalah UMKM dengan cara pendampingan dan memberikan pelatihan. Kami sudah siapkan orang-orangnya dari temen-temen pengurus,” ujarnya.

Pihaknya siap mendampingi para pelaku UMKM yang masih terkendala pemasaran apalagi di era digital marketing sekarang ini.

“Era pandemi ini banyak UMKM yang sulit bertahan. Kami siap bantu, dari cara mengemas hingga menjual barang, tentunnya bukan konvensional lagi tapi lebih kekinian dengan cara memanfaatkan media sosial,” kata pria yang akrab disapa Olan ini.

Sebagai gerak cepat, usai pelantikan pihaknya langsung menggelar rapat kerja. Menurutnya, di tiap kompartemen atau dimasing-masing divisi sudah mempunyai program kerja yang bisa segera direalisasikan.(ot/mj)