UKM di Semarang Antusias Ikuti Pelatihan Pengemasan Pangan

UKM di Semarang Antusias Ikuti Pelatihan Pengemasan Pangan

Semarang, mediajateng.net, – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) mengikuti pelatihan pengemasan pangan olahan, belum lama ini. Pelatihan ini diselenggarakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat (PkM) Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Universitas Semarang, di Laboratorium Rakayasa Pangan, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian USM.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi, a) teori dasar-dasar pengemasan, b) ragam jenis dan model pengemas, dan c) praktik pengemasan. Hadir tiga narasumber dalam pelatihan tersebut, yakni Dr. Ir. Rohadi, M.P., Ir. Elly Yuniarti Sani, M.Si. dan Ika Fitriana, S.PT. M.Sc.

Menurut Ketua Tim Pelaksana PkM, Rohadi, kapasitas UMK klaster industri makanan olahan yang mencapai 31 % dari jumlah UMK di Kota Semarang yang mencapai 17.603 unit, tidak merata. Satu sisi ada UMK yang sudah memiliki peralatan, sumberdaya, teknologi proses dan mesin produksi yang baik, sehingga mampu menghasilkan produk yang memenuhi standar mutu dan keamanan.

“Namun mayoritas UMK tidak demikian. Oleh sebab itu, pelatihan pengemasan sangat penting untuk diberikan,“ ujarnya.

Ditambahan, banyak regulasi di bidang industri makanan seperti pelabelan, sertifikasi halal, keamanan bahan pengemas, alat dan mesin pengemas, informasi kandungan nutrisi yang tidak dipahami oleh UMK. Maka dari itu, materi pelatihan yang diberikan diharapkan dapat menutup dan melengkapi kekurangan UMK.

Pelatihan yang hanya sehari itu dalam suasana pendemi Covid 19, cukup antusias diikuti peserta. Hasil evaluasi pelaksanaan PkM menunjukkan ada peningkapan kapasitas peserta setelah selesai mengikuti pelatihan sebesar 10 % dari sebelumnya. (ot/mj)