Tidur di Sekolah, Melukis, Banjir Prestasi

Banjarnegara, mediajateng.net – Di tengah sambutan perpisahan kepala sekolah, Mukhlasin terhenti bicara, dan menangis sesenggukan. Istrinya yang berdiri di sampingnya tampak mencoba menenangkan.

Suasana haru pun terasa di aula SMAN 1 Karangkobar, Kamis (13/1/2022). Pagi itu mereka melepas kepala sekolahnya. Kiprah Kepala Sekolah Mukhlasin yang berpindah ke SMAN 1 Karangkon Purbalingga memang patut diacungi jempol.

Di tahun 2021 saja, sejumlah 31 kejuaraan siswa berhasil diraih oleh sekolah di utara Banjarnegara itu. Kejuaraan itu mulai dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Bahkan kiprah guru mereka, ada yang memenangi kejuaraan level Asia Tenggara.

“Awal ditempatkam di sini memang saya terus terang menangis. Tapi lama kelamaan saya menikmati dan berupaya untuk memberi yang terbaik untuk SMAN 1 Karangkobar” ujar pria berbadan kekar ini.

Untuk konsentrasi mengabdi, Mukhlasin yang rumahnya di Kabupaten Purbalingga bahkan rela tidur di sekolah setiap pekannya.

“Saya berangkat dari rumah biasanya Senin pagi sehabis subuh, menginap di sekolah sampai akhir pekan. Jumat sore baru saya pulang lagi ke rumah. Biasanya saya menghabiskan waktu luang sambil melukis. Ada beberapa lukisan yang berhasil saya buat selama dua tahun lebih di Karangkobar” kenang Mukhlasin.

Ia berharap penggantinya yang baru dapat mempertahankan prestasi yang di raih, bahkan bisa meningkatkannya. Untuk diketahui, sekolah ini juga menjadi juara 3 nasional Sekolah Hemat Energi dari Kementerian ESDM, dan juga diganjar peringkat 8 nasional dalam ajang Green School Award Universitas Negeri Semarang. (MJ/50)