Tayamum Pad Menarik Perhatian RS JIH Yogyakarta

SEMARANG, Mediajateng.net , – Rumah Sakit (RS) Jogja International Hospital (JIH), Yogjakarta tertarik inovasi tayamum pad yang diterapkan Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, Jawa Tengah.

Tayamum pad merupakan salah satu pelayanan yang memberikan kemudahan pasien yang ingin bersuci sebelum melakukan shalat. Alat yang bersifat portable ini berisi debu yang sudah memenuhi kaidah fikih.

Demikian yang terungkap dalam kegiatan studi banding pengelolaan rumah sakit syariah yang dilakukan manajemen RS JIH di RSI Sultan Agung Semarang, Kamis (20/9).

Menurut Dirut RS JIH, dr Mulyo Hartana, alasan melakukan studi banding karena pihaknya ingin menduplikasi konsep syariah dalam layanannya. Dengan demikian menjadi kesempatan yang tidak boleh disia-siakan untuk menimba ilmu dan pengalaman.

“Ada banyak implementasi di RSI Sultan Agung yang bisa diterapkan, salah satunya tayamum pad dan semoga bisa membawa kebaikan bagi pasien muslim di rumah sakit kami,” katanya.

Mulyo menambahkan, meskipun rumah sakitnya terbilang baru tetapi semangat manajemen untuk memberikan pelayanan yang lebih lengkap dan prima kepada pasien sangat tinggi.

Seperti diketahui, layanan kesehatan di RSI Sultan Agung telah ditetapkan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) sebagai RS pertama yang lini pelayanannya telah menerapkan prinsip syariah, sejak 23 September 2017 lalu.

Dirut RSI Sultan Agung, dr H Masyhudi dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung penuh RS JIH yang ingin menerapkan konsep syariah dalam pelayanannya.

“Kami berikan pengalaman maupun apa saja yang diperlukan RS JIH, bahkan rumah sakit lainnya yang memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip layanan syariah,” katanya.

Setelah melihat secara langsung pelayanan di RS Sultan Agung, rombongan RS JIH juga mengunjungi layanan unggulan Sultan Agung Eye Center, LASIK Center, Rehabilitasi Medik Center dan Cardio Center. (ot/mj)

Comments are closed.